IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Banyak Paradigma Energi yang Keliru, Jokowi-JK Jadi Harapan Perubahan

Banyak Paradigma Energi yang Keliru, Jokowi-JK Jadi Harapan Perubahan

Written By Indopetro portal on Monday, 15 September 2014 | 09:44

indoPetroNews.com - Pola pemerintah saat ini dinilai lebih memilih memberikan subsidi energi ketimbang membangun infrastruktur energi. Demikian dipaparkan pengamat Ekonomi Energi, Marwan Batubara kepada indoPetroNews.com di Jakarta, Senin (15/9).

Dengan begitu, lanjut Marwan, kondisi tersebut mengakibatkan minimnya pembangunan infrastruktur energi di Indonesia. "Hal ini memang memprihatikan. Pasalnya, saat ini uang negara untuk subsidi energi sudah sangat besar, yaitu mencapai Rp 1.800 triliun dalam lima tahun terakhir," terangnya.

Menurutnya, pola tersebut harus diubah. "Infrastruktur energi harus dibangun. Artinya, perlu ada pengalihan subsidi agar tepat sasaran. Dan pemerintahan baru diharapkan bisa melakukan itu," terangnya.

Subsidi, lanjutnya, tentu dikurangi dan dananya dialihkan untuk membangun infastruktur energi, agar ke depan memiliki ketahanan dan kedaulatan energi yang tangguh.

Di tempat berbeda, Mantan Deputi Keuangan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Ahmad Syahroza menyatakan, saat ini ada pemikiran tata kelola energi khususnya di sektor hulu minyak dan gas bumi yang masih salah. Yakni, kegiatan hulu migas disebut proyek bukan investasi.

"Dengan konsep proyek, maka pengerjaan kegiatan hulu migas tidak ada ketegasan, sehingga efisien dan cepat selesai. Itu untuk pemikiran energi enggak bener, harus cepet selesai," paparnya.

Syahroza menambahkan, kesalahan pemikirian di sektor hulu migas lainnya adalah cost recovery. Pemerintah memandang cost recovery adalah pengembalian investasi Kontraktor Kerja Sama (KKKS), bukan bentuk investasi pemerintah kepada KKKS. "Jadi ada pemikiran yang harus kita ubah, agar tidak keliru," terangnya.(ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login