IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Gaji Besar, Pekerja Migas Banyak yang Hijrah ke Luar Negeri

Gaji Besar, Pekerja Migas Banyak yang Hijrah ke Luar Negeri

Written By Indopetro portal on Monday, 8 September 2014 | 12:58

indoPetroNews.com - Ada kecenderungan kuat pekerja industri minyak dan gas bumi (migas) Indonesia memilih berkarya di luar negeri. Soalnya, gaji pekerja migas di Indonesia masih relatif kalah dibandingkan dengan di luar negeri. 

"Itu salah satu hal yang membuat banyak profesional migas lokal hijrah ke perusahaan asing di luar negeri," ungkap Direktur Pembinaan Program, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Riza Maulana kepada indoPetroNews.com di sela-sela Rapat Kerja Komunitas Sumber Daya Manusia (SDM) Migas di Grand Ambarrukmo, Jogjakarta, (8/8/2014).

Ia menyatakan, idealnya gaji pekerja migas di Indonesia bisa sama dengan perusahaan di luar negeri, seperti di Irak, Arab Saudi, Al Jazajair dan lainnya. Di Indonesia sebenarnya bisa juga tinggi, namun nanti akan berdampak pada peningkatan cost recovery. Menurutnya, gaji pekerja migas di luar negeri bisa mencapai US$ 100.000 per bulan.

Dengan begitu, lanjutnya, Raker Komunitas SDM Migas ini diharapkan bisa mengidentifikasi dan mencari solusi semua permasalahan SDM migas di Indonesia. Pasalnya, SDM migas itu akan sangat berpengaruh langsung pada produksi migas nasional.

"Pada raker ini ada empat pokja yang akan membahas seluruh permasalahan SDM migas di Indonesia. Dan kita berharap akan melahirkan banyak solusi untuk tantangan yang ada," harapnya.

Menurutnya, hulu migas di Indonesia itu memang unik. Soalnya, para pekerja Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) selalu sinergi dan rukun pada devisi SDM Migas di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan Rapat Kerja Komunitas SDM Hulu Migas yang selalu rutin digelar setiap tahunnya. "Dan itu bagus, karena pesaingan saat ini bukan antar KKKS di Indonesia, namun persaingan dengan negara-negara luar," terangnya.(*/ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login