IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Harga BBM Subsidi Naik Rp 2000, Defisit Bisa Ditekan 1,32 %

Harga BBM Subsidi Naik Rp 2000, Defisit Bisa Ditekan 1,32 %

Written By Indopetro portal on Wednesday, 3 September 2014 | 09:23

indoPetroNews.com - Kenaikan harga BBM bersubsidi pada tahun depan dinilai akan mampu menekan defisit anggaran. Defisit tersebut bisa ditekan dari semula 2,32 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sesuai RAPBN 2015, menjadi 1,32 persen terhada[ PDB.

Menteri Keuangan Chatib Basri menyatakan, kemungkinan untuk menekan defisit dengan angka tersebut bisa terjadi jika ada kenaikan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 2000 per liter.

“Besaran kenaikan itu dapat menghemat anggaran Rp 96 triliun, hampir mendekati 1 persen PDB,” ujar Chatib di Jakarta (2/9).

Jika harga BBM bersubsidi dinaikkan, kata dia, akan ruang fiskal yang cukup bagi pemerintahan yang baru. Pemerintahan tersebut juga akan memiliki kekuatan anggaran yang memadai saat menghadapi potensi kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika pada 2015.

Namun, ia menyadari, masa transisi seperti sekarang ini memang hal yang cukup sulit. Lanjutnya, mesti ada pembicaraan antara dua pemerintahan tersebut.

Selain itu, menurut Chatib, masih ada peluang untuk merubah struktur belanja subsidi BBM dalam RAPBN 2015. Kata dia, perubahan tersebut bisa dilakukan jika dibicarakan dengan Banggar DPR RI.

“Masih sangat terbuka, dalam RAPBN masih diberikan ruang untuk mengubah penerimaan dan belanja, termasuk struktur dari subsidi,” tambahnya.Umar Mukhtar
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login