IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Jero Wacik Diduga Memeras Pertamina?

Jero Wacik Diduga Memeras Pertamina?

Written By Indopetro portal on Thursday, 4 September 2014 | 12:03

indoPetroNews.com - Ditetapkannya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sebagai Tersangka menimbulkan tanda tanya besar. Sebab, Jero dijerat sebagai tersangka lantaran dianggap melakukan pemerasan. Namun, sebenarnya siapakah pihak yang diperas oleh Jero?

Pada 4 Maret 2014 lalu, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Selatan, nama Menteri ESDM pertama kalinya disebut dalam persidangan kasus suap SKK Migas. Nama menteri itu disebut oleh Mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini yang kini berstatus tahanan KPK atas kasus suap SKK Migas. Ketika itu, Mantan Direktur  Utama Pertamina Karen Agustiawan juga hadir sebagai saksi.

Rudi sempat menelpon Karen untuk mengabarkan bahwa Pertamina harus membayar sejumlah uang untuk pengesahan APBN-P 2013 pada Juni 2013 lalu. Rudi, saat itu, mengaku mengatakan seperti itu kepada Karen karena diperintah oleh Sekjen ESDM kala itu, Waryono Karno.

Namun, Karen menolak untuk memberikan. Saat itulah, Rudi menyatakan kepada Karen, jika Karen memang tidak ingin memberikan uang itu, maka dirinya akan melapor kepada Menteri ESDM.

Rudi, yang ditemui oleh indoPetroNews di pengadilan Tipikor, menyatakan dirinya hanya mendapat perintah dari Waryono Karno untuk menyampaikan pesannya kepada Karen. Namun, ia mengakui, Karen tidak memberikan uang apapun untuk proses APBN-P yang akan dibahas di Komisi VII DPR RI.

Namun Juru Bicara resmi KPK, Johan Budi, Rabu (3/9) saat wawancara live dengan TVOne mengatakan, penetapan tersangka Jero Wacik, tidak langsung berkaitan dengan kasus SKK Migas. Dia mengatakan, penelusuran alat bukti didapat atas pengembangan kasus di SKK Migas. Terkait dengan laporan beberapa BUMN dan kementerian atas dugaan pemerasan  yang dilakukan JW dengan alasan untuk Dana Operasional Menteri (DOM). Termasuk Pertamina? Umar Mukhtar
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login