IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Konversi ke Gas, Telah Terbangun 73 Ribu SR Jargas

Konversi ke Gas, Telah Terbangun 73 Ribu SR Jargas

Written By Indopetro portal on Friday, 26 September 2014 | 11:22

indoPetroNews.com- Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (jargas) terus digenjot pemerintah. Program yang telah dilaksanakan sejak 2009 tersebut, hingga kini telah terpasang sekitar 73.000 sambungan rumah (SR). Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Edy Hermantoro, seperti dilansir situs resmi Kementerian ESDM, Jumat (25/9). 

Menurutnya, khusus untuk rusun di Jabotabek, Kementerian ESDM cq. Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas Bumi bekerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk telah memasang sebanyak 5.234 SR.

Ia menjelaskan, percepatan pemanfaatan gas rumah tangga di Provinsi DKI Jakarta, dilakukan Kementerian ESDM bersinergi dengan Pemprov DKI dan PGN. 

"Saat ini di Jabotabek sudah ada 5.234 SR, terdiri dari Rusun Tebet Berlian 120 SR, Tebet Harum 320 SR, Tzuchi 1.055 SR, Cinta Kasih 582 SR, Flamboyan 560 SR, TNI AL 95 SR, Marunda 700 SR, Sukapura 100 SR, Tipar Cakung 1.000 SR, Manis Jaya 382 SR dan Menteng Sari 320 SR," paparnya.

Edy menjelaskan, pembangunan jargas merupakan bukti komitmen pemerintah untuk mendukung percepatan konversi energi ke gas bumi.

Menurutnya, melalui sinergi yang melibatkan pemerintah pusat, PGN dan Pemprov DKI, masyarakat akan dapat gas bumi yang lebih murah, ramah lingkungan dan aman. 

"Sinergi ini adalah kunci bagi upaya percepatan pemanfaatan gas bumi yang terus diupayakan oleh pemerintah. Oleh karena itu, kementerian ESDM cq Ditjen Migas akan terus mendorong BUMN dan stakeholder lain seperti pemerintah daerah untuk memperluas pemanfaatan gas bumi di berbagai wilayah di Indonesia," kata Eddy.

Pemerintah juga mendorong pengembangan dan pemanfaatan energi alternatif, mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi. "Prospek pengembangan energi alternatif sangat memungkinkan, terutama karena ketersediaan potensi dan sebagian besar teknologi energi alternatif telah dikuasai. Pembangunan Jaringan Gas Bumi adalah program prioritas nasional, sehingga dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak," paparnya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login