IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » KPK: Jero Lakukan Pemerasan untuk Dana Operasional Menteri

KPK: Jero Lakukan Pemerasan untuk Dana Operasional Menteri

Written By Indopetro portal on Thursday, 4 September 2014 | 10:01

indoPetroNews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (3/9) kemarin, telah menetapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik sebagai tersangka. Jero dinilai KPK telah melakukan pemerasan.

Wakil Ketua KPK, Zulkarnain, menyatakan pihaknya telah mengeluarkan surat perintah penyidikan pada 2 September 2014. “Peningkatan status atas nama tersangka JW di Kementerian ESDM,” tambah Zulkarnain.

Jero dikenai Pasal 12 huruf e jo Pasal 23 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 421 KUHP. Pasal ini mengatur mengenai pidana pemerasan.

Penyelidikan dugaan penyimpangan dana di Kementerian ESDM dari tahun 2010 sampai 2013 tersebut menjadi bagian dari pengembangan kasus yang sebelumnya menyeret mantan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno, dan suap yang menyeret mantan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini.

Jero diduga memeras dengan menyalahgunakan wewenang dan merugikan negara sebesar Rp 9.9 miliar. Pemerasan tersebut, yakni dilakukan dengan cara menggelembungkan permintaan dana operasional. Jero menghimpun dana-dana tertentu itu untuk membiayai ongkos operasionalnya. Beberapa modus Jero dalam melakukan pemerasan, yaitu dengan menganggarkan kegiatan rapat rutin, yang ternyata fiktif.

Namun, KPK enggan merinci lebih detail terkait siapa saja pihak yang diperas. KPK hanya menyatakan pihak tersebut adalah rekanan dari suatu kegiatan tertentu.

Tepat pada Rabu kemarin, Jero diperiksa selama delapan jam di Kantor KPK di Kuningan, Jakarta Selatan. Kepada wartawan, Jero mengaku banyak menjawab tidak tahu kepada penyidik terkait kasus korupsi di kementeriannya. Menurut Jero, penyimpangan itu terjadi pada 2010, sebelum dia menjabat menteri ESDM.

Jero merasa sama sekali tidak mengetahui penyimpangan yang terjadi di Kementeriannya. Sebab, dia baru menjabat Menteri ESDM pada Oktober 2011.Umar Mukhtar
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login