IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pekerja Migas Kurang, SKK Migas Dekatkan Kampus dan Industri

Pekerja Migas Kurang, SKK Migas Dekatkan Kampus dan Industri

Written By Indopetro portal on Tuesday, 9 September 2014 | 18:17

indoPetroNews.com - Indonesia masih kekurangan tenaga profesional di sektor industri minyak dan gas bumi (migas). Terbukti, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di sektor migas Indonesia mencapai 35 ribu orang, namun saat ini baru terpenuhi sekitar 30 ribu-an. Sehingga, ada kebutuhan SDM sekitar 5000 orang yang belum terpenuhi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Sumber Daya Manusia (SDM) SKK Migas, Widya Yoshita Sumadyo saat ditemui indoPetroNews.com di sela-sela Konferensi 41" ARTDO Internasional di Hotel Ambarrukmo, Selasa, (9/9).

Ia menjalaskan, salah satu yang membuat Indonesia kekurangan tenaga profesional di sektor migas, salah satunya banyak pekerja yang hijrah ke luar negeri. "Mereka hijrah, biasanya karena tawaran gaji yang sangat menggiurkan," terang Widya.

Menurutnya, sebuah kebanggan juga SDM Indonesia yang berketerampilan bisa diterima industri migas di luar negeri. "Artinya kita juga tak selalu mengirimkan pekerja yang bawah keterampilannya (pembantu rumah tangga,-red), namun mengirimkan juga tenaga-tenaga profesional di bidang migas ke luar negeri, terutama ke Timur Tengah," terangnya.

Untuk itu, lanjut Widya, SKK Migas akan fokus untuk mendorong lahirnya tenaga-tenaga profesional migas. "Salah satunya program yang mengenalkan kampus pada industri migas, supaya lebih dekat dan mengetahui apa yang dibutuhkan industri," paparnya.

Menurut Widya, Kampus yang pernah dilakukan program itu adalah ITB, UNPAD, UGM dan UPN. "Pada program itu, kita datangkan ekpat yang kerja di sektor migas Indonesia, untuk berbagi pengalaman dengan rekan-rekan di kampus," jelasnya.

Dengan begitu, lanjutnya, diharapkan jarak antara lulusan kampus dan kebutuhan industri semakin sempit.(ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login