IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Tingkatkan Sistem Pencegahan Korupsi

SKK Migas Tingkatkan Sistem Pencegahan Korupsi

Written By Indopetro portal on Monday, 15 September 2014 | 14:10

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) aktif melakukan pencegahan korupsi di dalam tubuh lembaganya. Terbukti, lembaga hulu migas tersebut menggalakkan whistle blowing system (WBS) sebagai sarana pengaduan dan pelaporan yang disediakan bagi siapa saja yang memiliki informasi perbuatan berindikasi korupsi yang dilakukan pimpinan dan pekerja SKK Migas.

Budi Ibrahim, Pengawas Internal SKK Migas kepada wartawan di Jakarta, (14/9) mengatakan, saat ini kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), vendor, pihak terkait, dan masyarakat yang mengetahui adanya pelanggaran oleh pekerja SKK Migas dapat melaporkan melalui aplikasi WBS. 

Budi menjelaskan, sistem WBS akan mampu meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan kegiatan usaha hulu migas di Indonesia. Sistem itu Integrasi dalam pengelolaan pengadaan dan manajemen aset, keuangan, serta sumber daya manusia dengan mengimplementasikan enterprise resource planning (ERP).

Ia berharap, dalam pengembangannya nanti ERP bisa diintegrasikan dengan data-data lapangan di KKKS seperti data produksi, perencanaan, manajemen aset, komersial, alokasi produksi, kegiatan pemeliharaan, laporan dan analisa lapangan yang pernah dilaksanakan.

"Selain WBS dan ERP, SKK Migas juga mengaku sudah melakukan fraud risk assesment di seluruh fungsi untuk memitigasi, menutup, dan mencegah risiko korupsi," tegasnya.(ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login