IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Bukan Hanya Keamanan, Pasokan Listrik Juga Dibuat Berlapis di Acara Pelantikan

Bukan Hanya Keamanan, Pasokan Listrik Juga Dibuat Berlapis di Acara Pelantikan

Written By Indopetro portal on Monday, 20 October 2014 | 10:35

indoPetroNews.com - Tidak hanya kemanan yang dibuat berlapis, tetapi pasokan listrik juga dibuat berlapis  untuk menghadapi pelantikan Jokowi-JK sebagai Presiden Baru Indonesia untuk 5 tahun mendatang, Senin (20/10).  Setidaknya Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan beberapa strategi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama gangguan pasokan di acara pelantikan hari ini. Demikian dikatakan Bambang  Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN kepada sejumlah media, Minggu (19/10).

Acara kenegaraan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih itu, memang sangat menyedot perhatian banyak fihak. Persiapan untuk lancarnya acara juga dilakukan banyak fihak yang terkait. Tidak terkecuali PLN. 

"Sejak beberapa waktu lalu PLN menyiapkan berbagai pekerjaan pendukung agar pasokan listrik andal untuk mengawal suksesnya acara kenegaraan yang dihadiri banyak tamu dari berbagai negara lain tersebut, " kata Bambang. 

Dijelaskan Dia, upaya yang dilakukan untuk menjaga keandalan pasokan listrik di antaranya adalah :1). Melakukan pemeliharaan dan uji coba fungsi pada semua peralatan listrik yang memasok kawasan penting untuk rangkaian acara seperti gedung MPR DPR dan DPD, istana negara dan kawasan Silang Monas;2).Menyiapkan petugas yang akan menjaga titik-titik utama pada gedung MPR, DPR dan DPD pada hari H untuk memastikan peralatan bekerja dengan baik dan mitigasi apabila ada permasalahan teknis; 3). Melakukan modifikasi manuver beban pada gardu induk Senayan yang memasok kawasan Senayan dan kawasan Monas; 4). Menyiapkan genset cadangan dan UPS (uninterupted power supply) mobile untuk acara pesta rakyat di Monas; 5). Pada sisi pembangkitan dan transmisi petugas sudah siaga sejak beberapa hari lalu untuk memastikan kecukupan daya dan pasokan listrik pada gardu induk yang memasok kawasan DPR MPR, Istana Negara, Silang Monas, bandara Soekarno Hatta dan bandara Halim Perdana Kusuma; 6). Menyiagakan peralatan cadangan seperti trafo mobile, unit kabel bergerak untuk situasi kontigensi; 7). Menyiapan cadangan PLTD Senayan kapasitas 16,5 MW untuk back up di Senayan.

Menurut Bambang, "semua upaya-upaya tersebut dilakukan untuk menjaga agar perhelatan besok (hari ini) bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan pasokan listrik," pungkasnya. Kus
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login