IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Chairul Tanjung: Tak Menjamin Blok Mahakam Dekelola Pertamina?

Chairul Tanjung: Tak Menjamin Blok Mahakam Dekelola Pertamina?

Written By Indopetro portal on Thursday, 2 October 2014 | 10:05

indoPetroNews.com - Kepastian Pertamina kelola Blok Mahakam masih belum jelas. Soalnya, pemerintah telah memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan pengelola blok migas nasional.

Menteri Koordinator Perekonomian, Chairul Tanjung mengatakan, hingga kini tak ada jaminan pemerintah akan menyerahkan pengelolaan blok migas nasional kepada Pertamina.

"Kalau ada perusahaan migas lain yang lebih memberikan keuntungan kepada Indonesia, maka perusahaan itulah yang akan dipilih pemerintah," papar pria yang akrab disapa CT ini kepada wartawan di Jakarta, (1/10).

Menurutnya, terkait perpanjangan blok, siapa yang lebih memberi keuntungan bagi negara dapat porsi. Kendati begitu, terang CT, bukan berarti Pertamina tidak akan diberi kewenangan mengelola blok migas besar.

"Selama Pertamina mampu memberikan keuntungan, maka kesempatan itu bisa saja diberikan kepada Pertamina," janjinya.

CT juga menyatakan, lamanya keputusan dalam menentukan pengelolaan blok migas pasti akan berdampak kepada produksi migas. "Apa yang dilakukan pemerintah saat ini, lebih teliti dalam menunjuk perusahaan untuk mengelola blok migas merupakan bentuk antisipasi pemerintah agar di kemudian hari tidak terjadi masalah," tegasnya.

Sementara Pengamat Energi, Marwan Batubara kepada wartawan di Jakarta, (28/9) mengungkapkan, kemampuan PT Pertamina akan sanggup mengelola cadangan migas yang terkandung di kawasan Blok Mahakam, Kalimantan Timur. "Pertamina sudah membuktikan kemampuannya mengelola migas lepas pantai di West Madura Off-shore (WMO) dan Off-shore North West Java (ONWJ) dengan kenaikan produksi lebih dari 200%," ungkap Marwan.

Marwan melanjutkan, sejak tahun 2008 lalu, Pertamina sudah lima kali meminta agar pengelolaan Blok Mahakam diserahkan kepada perusahaan plat merah ini. Pertamina pun disebutkan pernah menawar saham Total & Inpex sebesar 15% hingga 20% secara business to business pada 2010 agar dapat mengelola Mahakam secara bersama sejak dini.

Di tempat yang berbeda  Ignatius Tenny Wibowo, Presiden Direktur PT. Pertamina Hulu Energi (PHE),  mengatakan optimismenya kepada indoPetroNews, saat penyerahan Pengelolaan Struktur Badik dan West Badik Blok Nunukan ke Fungsi Pengembangan PT PHE di Jakarta, ((22/9). Menurut Tenny, dengan keberhasilan pengelolaan Blok ONWJ, WMO, dan Nunukan, semakin meyakinkan Pertamina bahwa pemerintah tidak perlu lagi ragu-ragu menyerahkan pengelolaan Blok Mahakam kepada Pertamina. "Kami sudah sangat siap," kata Tenny meyakinkan.

Ia mengatakan, kinerja pemboran pada ketiga sumur eksplorasi di Blok Nunukan merupakan salah satu yang terbaik di lingkungan Pertamina Hulu. “Target subsurface tercapai dengan baik dan OTOBOS (on time on budget on schedule,-red) dengan realisasi budget sekitar 95%-98% dari (authorization for expenditure /AFE) yang disetujui,” terangnya. (*/ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login