IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » MedcoEnergi Tandatangani Dua Perjanjian Jual Beli Gas, Nilai Keuntungan Sebesar 34Juta USD

MedcoEnergi Tandatangani Dua Perjanjian Jual Beli Gas, Nilai Keuntungan Sebesar 34Juta USD

Written By Indopetro portal on Friday, 17 October 2014 | 15:46

indoPetroNews.com - MedcoEnergi mendatangani dua Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan PT PLN Persero dan PT MEPPOGEN, Jum'at (17/10) di Jakarta. Pasokan gas ini akan digunakan untuk kebutuhan pembangkitan listrik, masing-masing di wilayah Kalimantan Utara dan Sumatera Selatan.

Menurut Presiden Direktur dan CEO MedcoEnergi, Lukman Mahfoedz kepada sejumlah media di Jakarta saat penandatanganan, "Dalam beberapa tahun terakhir pasokan gas dalam negeri semakin turun secara alamiah, sementara permintaan kebutuhan gas terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur termasuk pembangkit listrik. Sebagai bentuk komitmen untuk terus mengembangkan pasar gas domestik, PT Medco Energi Internasional Tbk, melalui anak perusahaannya PT Medco E&P Indonesia  menandatangani dua Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) ini," katanya.

Menurut Dia, di Sumatera Selatan, MedcoEnergi akan memasok gas untuk kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gunung Megang di Kabupaten Muara Enim milik PT MEPPOGEN. Jumlah pasokan gas sebesar 6.6 Trilyun  British Thermal Unit (TBTU) selama periode 21 bulan berasal dari blok South Sumatra PSC. Harga jual gas adalah AS$ 7,32 per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU) untuk tahun 2014, dengan peningkatan sebesar 3% per tahun. Kontrak ini diperkirakan akan memberikan pendapatan kepada Pemerintah dan Kontraktor PSC sebesar AS$ 43 juta.

Di Kalimantan Utara,  tambah Dia lagi, perseroan, melalui Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Simenggaris (JOB-PMEPS), telah menandatangani PJBG dengan PT PLN Persero) untuk memasok gas sejumlah 805 BBTU selama periode lima tahun dengan harga gas AS$ 5,52 per MMBTU. "Gas akan dipasok dari lapangan gas South Sembakung, Blok Simenggaris untuk pembangkitan listrik di Kabupaten Tana Tidung. Kontrak ini diperkirakan akan memberikan pendapatan bagi Pemerintah dan Kontraktor PSC sekitar AS$ 3 juta," jelasnya.

Lukman Mahfoedz mengungkapkan, perseroan akan terus aktif melakukan kegiatan eksplorasi untuk menemukan sumber cadangan minyak dan gas serta memasok lebih banyak gas ke pasar domestik. "Dalam dua tahun terakhir, Perseroan berhasil menemukan cadangan gas baru dari kegiatan eksplorasi, seperti di Matang (Block A PSC, Aceh), Bajul Besar (Simenggaris PSC, Kalimantan Utara) dan yang terakhir Hijau (South Sumatra PSC, Sumatera Selatan)," pungkasnya. Kus
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login