IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sinergi Sucofindo-GSI, Cari Cadangan Migas di Sumatra

Sinergi Sucofindo-GSI, Cari Cadangan Migas di Sumatra

Written By Indopetro portal on Thursday, 2 October 2014 | 09:51

indoPetroNews.com - Gairah misi pencarian minyak dan gas bumi (migas) terus tumbuh. Hal itu diharapkan mampu berkontribusi pada meningkatnya lifting migas di masa depan.

Kini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang survei, inspeksi dan pengujian PT Sucofindo (Persero) menandatangani kerja sama dengan PT Gelombang Seismik Indonesia (GSI) untuk melakukan pekerjaan survei seismik 3 D di salah satu blok migas milik PT Pertamina EP sepanjang 64 kilometer persegi (km2) di Lubuk Linggau, Kabupaten Sirawa, Sumatera Selatan.

Direktur Utama PT Sucofindo, Djohan menyatakan survei seismik senilai US$ 2,53 juta inj dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lokasi cadangan migas baru dan sumur pengembangan.

Pada kerja sama tersebut, lanjutnya, GSI yang merupakan perusahaan di bidang survei seismik dan geofiskal ini akan membayar 60 persen dari total investasi.

"Adapun sisanya akan ditanggung PT Sucofindo. GSI berperan sebagai leader yang bertanggung jawab dalam hal teknikal dan personel," terang Bachder Djohan usai penandatangan kerja sama operasi pekerjaan survei seismic PT Gelombang Seismic Indonesia dan PT Sucofindo di Jakarta, (1/10).

Menurutnya, sektor migas adalah penyumbang pendapatan terbesar kedua setelah mineral dan batu bara (minerba).

Dengan begitu, lanjutnya, pengembangan jasa di sektor ini menjadi prioritas Sucofindo tahun ini dengan fokus di sektor hulu yang diawali dengan geoscience service baik seismik maupun non seismik.

Menurutnya, data survei seismik sangat penting dan memiliki nilai strategis bagi negara karena menginformasikan lokasi dan besarnya cadangan migas. Saat ini pangsa pasar survei seismik masih dikuasai asing sekitar 70 persen. "Untuk itu, survei seismik penting dilakukan oleh perusahaan nasional," katanya. Survei seismik, lanjutnya, memang membutuhkan investasi yang besar, namun pasarnya juga masih luas.(*/ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login