IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Amin Sunaryadi, Kepala SKK Migas yang Baru?

Amin Sunaryadi, Kepala SKK Migas yang Baru?

Written By Indopetro portal on Wednesday, 19 November 2014 | 09:06

IndoPetroNews, Jakarta. Teka-teki siapa yang akan menduduki Kepala SKK Migas mulai terjawab. Setelah kosong pasca tertangkapnya Rudi Rubiandini yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam perkara suap, SKK Migas dikepalai Pelaksana Tugas yakni Johannes Widjanarko. Kini kabarnya, Amien Sunaryadi, mantan Wakil Ketua KPK periode pertama merupakan kandidat kuat yang akan ditunjuk sebagai Kepala SKK Migas oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, santer dua nama calon yang disodorkan ke Presiden yakni Amien dan Deputi Pengendalian Perencanaan SKK Migas Aussie B Gautama. Rapat menentukan posisi itu dilakukan malam ini hingga larut. Dalam rapat itu diikuti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri BUMN Rini Sumarno. Dikabarkan Faisal Basri yang baru saja ditunjuk sebagai Ketua Tim reformasi Tata Kelola Migas juga turut hadir. Rencananya hari ini (Rabu, 19 November) pada pukul 14.00 WIB akan diumumkan secara definitif kepala SKK Migas dan dilanjutkan dengan pelantikan.

Amien Sunaryadi adalah mantan wakil ketua KPK periode 2003-2007. Saat ini ia menjabat sebagai Senior Governance and Anti Corruption Officer di World Bank Indonesia. Menurut website resmi KPK, sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua KPK, Amien adalah mantan Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pria kelahiran Malang, 23 Januari 1960 ini juga pernah menjabat sebagai manajer pada unit Dispute Analysis and Investigations PT PricewaterhouseCoopers FAS pada Oktober 2000-Juni 2003.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua KPK, Amien Sunaryadi yang lahir di Malang, 23 Januari 1960, adalah mantan Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pada 1988, Amien meraih gelar Akuntan (Ak), Program Diploma IV Spesialisasi Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jakarta. Sebelumnya (1982) meraih Ajun Akuntan (AAk), Program Diploma III Spesialisasi Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Jakarta.

Tahun 1996 memperoleh Certified Information Systems Auditor (CISA). Sertifikasi ini diberikan oleh Information System Audit and Control Foundation, USA. Tiga tahun sebelumnya (1993), Amien meraih Master of Professional Accountancy (MPA), program S-2 dari School of Accountancy pada College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta. Sebagai tambahan pada studi ini, diperoleh tambahan pendidikan yang luas di bidang sistem informasi dan manajemen SDM.

Tahun 1998, Amien mengikuti program pendidikan jangka pendek (satu bulan) The Corruption and Anti-Corruption Training yang diselenggarakan oleh National Center for Development Studies (NCDS) pada Australian National University di Canberra, Australia. Pendidikan ini berfokus pada analisis korupsi secara mendalam dan konsep memeranginya secara luas.

Oktober 2000-Juni 2003, Amien menjabat sebagai manajer pada unit Dispute Analysis and Investigations PT PricewaterhouseCoopers FAS dan pada Juli 2003-Desember 2003 jabatannya berubah menjadi Senior Manager pada unit dan perusahaan yang sama. (BRM)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login