IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Dinilai Menyimpang, Tim Reformasi Migas Minta Audit Forensik Petral

Dinilai Menyimpang, Tim Reformasi Migas Minta Audit Forensik Petral

Written By Indopetro portal on Wednesday, 31 December 2014 | 14:28

indoPetroNews.com – Tim Rekomendasi Tatakelola Migas yang diketuai Faisal Basri, Selasa (30/12), kembali mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait tataniaga migas di Indonesia. Terutama terkait keberadaan Petral. Tim meminta Pemerintah untuk melakukan audit forensik terhadap Petral, yang selama ini dikenal sebagai sebagai trading and marketing arm Pertamina di Pasar internasional

Tim menilai, pada awalnya, pembentukan Petral memang didedikasikan untuk melakukan pemasaran minyak mentah Indonesia. Karena pada waktu itu, Indonesia merupakan net exporter minyak bumi, masih menjadi anggota OPEC, dan peran minyak sangat dominan baik sebagai sumber devisa maupun penerimaan negara dalam APBN. Tetapi tidak bisa dipungkiri, keberadaan Petral juga telah dijadikan “media” untuk mengakomodasikan kepentingan elit Orde Baru untuk mendapatkan rente (keuntungan sepihak) dari ekspor minyak bumi. “Petra Group praktis hanya sebagai “agen penjualan” minyak bumi di Indonesia. Sementara proses pemburuan rente terjadi melalui keikutsertaan kroni penguasa dalam kepemilikan Petro Group,” kata Faisal kepada sejumlah media di Jakarta.

Saat ini menurut Faisal, saat ini Indonesia memang masih mengekspor minyak mentah, namun produksi minyak terus menurun sementara konsumsi meningkat tajam. Produksi minyak mentah dan BBM tambah Faisal, semakin tidak dapat memenuhi kebutuhan sendiri. Sebelum 2003, diakuinya, defisit neraca perdagangan BBM masih dapat ditutupi oleh surplus perdagangan minyak mentah. Tetapi Sejak 2003, defisit BBM tidak lagi dapat ditutupi oleh surplus minyak mentah. “Bahkan, sejak 2013, transaksi perdagangan minyak mentah mulai mengalami defisit . Namun Peran Petra Group tak berubah walaupun status Indonesia berubah dari net eksportir menjadi net importir,” tegasnya.

Tim reformasi menilai, peran Petral seharusnya dapat berubah seiring perubahan posisi Indonesia dari Net Eksporter minyak menjadi Net Importer minyak seperti saat ini. Yang terjadi justru, jelas Tim: 1). Petral tetap hanya sebagai trading arms dengan tambahan fungsi sebagai “agen pengadaan” minyak bumi dan BBM; 2).Petral satu-satunya pihak yang ditunjuk sebagai penjual dan pembeli minyak mentah dan BBM, volume usaha Petral semakin membesar sejalan dengan meningkatnya impor; 3). Petral hanya “administrator tender” bukan trading company: tidak melakukan transaksi dengan dan ke pihak ketiga atau di Platts Window Market (Bursa Minyak Singapura). Petral tidak memiliki professional trader dan sepenuhnya menjadi price taker; 4). Petral tidak berminat menjadi trading company sehingga tidak punya blending facilities dan blending specialists sendiri.; 5). Pelaksanaan fungsi sebagai market intelligence oleh Petral tidak dilakukan dengan baik. Siapa pemasok sebenarnya dari minyak yang dibeli Petral dari NOCs atau MOCs tidak dipandang sebagai kewajiban Petral.

Oleh karena itu Tim yang dipimpin Fasisal Basri ini merekomendasikan beberapa hal terkait Petral, di anataranya: Tim merekomendasikan langkah dan kebijakan sebagai berikut: 1). Mengganti secepatnya manajemen Petral dan ISC dari tingkat pimpinan tertinggi hingga manajer; 20. Menyusun roadmap menuju “world class oil trading company” oleh manajemen baru Petral serta mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan; 3). Melakukan audit forensik agar segala proses yang terjadi di Petral menjadi terang benderang.

Audit forensik ini menurut Faisal agar dilakukan oleh institusi audit yang kompeten di Indonesia dan memiliki jangkauan kerja ke Singapura serta negara terkait lainnya. “Hasil audit forensik bisa dijadikan sebagai pintu masuk membongkar potensi pidana, khususnya membongkar praktik mafia migas,” pungkas Dia. Ksr
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login