IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » KESDM Lelang Jabatan untuk Eselon I

KESDM Lelang Jabatan untuk Eselon I

Written By Indopetro portal on Monday, 1 December 2014 | 22:02

indoPetroNews.com - Untuk kembali mendapatkan kepercayaan publik, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini membentuk panitia seleksi nasional (Panselnas) lelang jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM.

"Hari ini, KESDM membentuk Panitia Seleksi Lelang Jabatan Eselon I dan II," ujar Faisal Basri yang juga Anggota Panitia Seleksi dari unsur independen saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (1/12).

Faisal menuturkan posisi pejabat eselon I atau setingkat Direktur Jenderal bisa diisi oleh pihak eksternal ESDM. Sedangkan untuk posisi eselon II atau setingkat Direktur hanya boleh diisi dari kalangan internal ESDM. Hal ini mengacu pada Undang-Undang Pendayagunaan Aparatur Negara.

Lebih lanjut Faisal mengemukakan, Panitia Seleksi‎ Lelang Jabatan ini diketuai Sekretaris Jenderal KESDM, Teguh Pamudji, dan anggotanya, selain dirinya, juga terdiri dari Supramu Santoso (Presdir Supreme Energy), Nico Kanter (Presdir PT Vale), Lukman Mahfudz (Presiden Asosiasi Perminyakan Indonesia-API).

Namun Faisal belum bisa membeberkan lebih lanjut mengenai persyaratan atau kualifikasi yang bisa menduduki posisi eselon I dan eselon II. "Syarat-syaratnya nanti diumumkan. Kalau merasa memenuhi syarat silahkan daftar ke tim seleksi," ujarnya.

Sudirman sebelumnya mengatakan ide lelang jabatan berasal dari para pejabat eselon I. "Artinya ada keinginan menumbuhkan suasana yang baru untuk menempatkan orang-orang terbaik dan profesional," katanya.

Saat dikonfirmasi, Ketua Panitia Seleksi Nasional Lelang Jabatan Eselon I yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Teguh Pamudji menyatakan lelang jabatan hanya diperuntukan jajaran eselon I di lingkungan Kementerian ESDM. "Hanya eselon I saja yang diseleksi. Untuk eselon II belum ada rencana," kata Teguh di Jakarta.

‎Lebih lanjut Teguh mengemukakan, komposisi panitia seleksi terdiri dari 45 persen kalangan pemerintah termasuk ESDM, serta 55 persen berasal dari eksternal pemerintahan. "Nantinya tim panitia seleksi ini akan disahkan oleh Keputusan Menteri ESDM," tuturnya.

Dikatakannya, persyaratan untuk menduduki posisi eselon I akan diumumkan kepada masyarakat. Ditargetkan pada pertengahan Desember atau awal Januari 2014 persyaratan itu sudah bisa disampaikan. Dia bilang saat ini pihaknya masih menyelesaikan proses administrasi untuk bisa menggelar proses seleksi tersebut.

"Ada mekanisme prosedur yang belum diselesaikan. Secara administrasi harus lapor Presiden," tutupnya. (Epan Hasyim Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login