IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Tim Mafia Migas Rekomendasikan Tahun Depan Indonesia Pakai Pertamax

Tim Mafia Migas Rekomendasikan Tahun Depan Indonesia Pakai Pertamax

Written By Indopetro portal on Thursday, 18 December 2014 | 22:25

indoPetroNews.com - Tahun depan dipastikan Indonesia tidak akan lagi mengimpor Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Ron 88 atau Premium dari Singapore. Hal tersebut dikatakan salah satu anggota Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi, Djoko Siswanto.

Menurutnya selama ini kita ketergantungan BBM dengan kadar Ron 88 dari negara Singa tersebut. Meskipun negara manapun mendapatkan impor BBM dengan kadar Ron 92 atau setara dengan Pertamax.

"Kita akan rekomendasikan kepada pemerintah untuk tidak lagi impor Ron 88. Hal ini agar kita lebih gampang, sehingga tidak nyampur-nyampur," katanya, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (18/12).

Djoko Siswanto mengungkapkan, dengan mengimpor BBM kadar ron 92 atau sekelas Pertamax akan memudahkan pengadaan BBM. Hal itu karena tidak perlu lagi melakukan perubahan Ron yang dilakukan di Singapura.

Sebelumnya Ketua Tim Reformasi, Faisal Basri mengatakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yaitu Pertamina Energy Trading Limited (Petral) ternyata berperan sebagai trading company.

Lebih lanjut Faisal mengatakan, Petral menyewa blending facility di Singapura. Petral melakukan blending minyak RON 92 menjadi RON 88. "Saya juga baru tahu itu. Jadi, peranan dia sebagai traders," imbuh Faisal.

Faisal menyebut ada kesalahpahaman di publik selama ini mengenai Petral. Selama ini, Petral disebut sebagai sarang mafia migas. Dia mengakui, ternyata Petral juga bertindak sebagai trading agent sebagaimana anak usaha national oil company (NOC) negara lain.

"Membeli dari satu NOC, lalu menjual ke NOC lain di luar Pertamina. Kita juga enggak tahu selama ini (kenyataannya seperti itu)," pungkas Faisal. (Epan Hasyim Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login