IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Chevron Tolak Jadi Pemenang Proyek 60T

Chevron Tolak Jadi Pemenang Proyek 60T

Written By Indopetro portal on Friday, 23 January 2015 | 20:27

indoPetroNews.com - Menang dalam lelang seharga Rp. 60 triliun pada sektor panas bumi Geothermal di Gunung Ciremai Jawa Barat, Chevron Geothermal Indonesia menolak diri menjadi pemenang.

Kabar mengejutkan tersebut datang ke meja Direktorat Jendral Energi Baru dan Terbarukan (EBTKE) hari ini, Jumat (23/1), di mana Chevron membalikkan diri sebagai pemenang.

Hal ini sontak membuat Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana kaget. Karena sebelumnya, saat ditentukan sebagai pemenang lelang, banyak riak yang terjadi.

"Ini masih anget ya, bahkan mungkin belum diangkat di media. Melalui suratnya kemarin, saya kaget. Jadi mereka membalikkan penunjukkannya sebagai pemenang," kata Rida.

Padahal lanjut Rida, pihak yang melelangkan Ciremai adalah Gubernur dan para Bupati. Di mana dalam lelang tersebut, Chevron sebagai pemenangnya.

"Betul ada sedikit riak ada penolakan di masyarakat, persis seperti persoalan di Tampomas atau di Gunung Merapi," ujar dia.

Pembalikkan diri menjadi pemenang ini, sah-sah saja dilakukan Chevron. Menurut Rida, ini dikarenakan Chevron belum dapat izin usaha dari pemerintah.

"Izin usaha belum keluar, tapi pemenangnya sudah ada, itu Chevron. Karena dia belum keluar izinnya, makannya dia belum melakukan apa-apa. Baru mau akan. Nah sampai kemarin itu, izin usaha perusahaannya enggak keluar-keluar," terangnya.

Rida sempat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) untuk mendiskusikan masalah belum keluarnya Izin Usaha Perusahaan (IUP) atas Chevron.

"Saya kemarin sempat ngobrol sama Pak Aher, ada apa sebenarnya kok belum keluar izinnya. Tapi agak enggak ngerti karena bahasanya agak politik. Beliau kan orangnya politis sekali. Tapi paling enggak sudah menjadi pertimbangan Pak Aher kenapa IUP nya belum keluar," pungkas dia. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login