IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Chevron Mundur dari Proyek Geothermal Ciremai

Chevron Mundur dari Proyek Geothermal Ciremai

Written By Indopetro portal on Thursday, 29 January 2015 | 10:20

indoPetroNews.com - Chevron melalui PT Chevron Geothermal Indonesia telah mengembalikan wilayah kerja panas bumi (WKP) di daerah Ciremai, Jawa Barat kepada pemerintah. Chevron sebelumnya sudah memenangkan lelang atas proyek geotermal yang bernilai Rp 60 miliar tersebut.

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulayana mengatakan, dengan mundurnyaa Chevron dari proyek tersebut, maka pihaknya akan kembali melelang ulang proyek geotermal di Gunung Ciremai.

“Alasan Chevron sendiri karena potensi panas bumi di Ciremai itu kecil, sehingga nilai keekonomiannya kecil untuk mereka,” kata dia, usai Rapat Dengar Pendapat bersama Menteri ESDM dan Komisi VII DPR, Senin (26/1).

Selain karena potensinya kecil, hengkangnya Chevron juga ditengarai karena adanya penolakan masyarakat setempat. Kabarnya, proyek geotermal di Gunung Ciremai sebenarnya berpotensi bagus. Dari studi awal proyek itu diproyeksi bisa menghasilkan energi listrik berkapasitas 150 Megawatt (MW).

Hingga saat ini, kata Rida, Chevron belum mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk proyek di Gunung Ciremai itu meski sudah menang lelang. “Sehingga proyek geothermal Ciremai ini akan dilelang ulang bersamaan dengan 25 proyek lain,” ujarnya.

Sementara itu, Corporate Communication Manager Chevron Pasific Indonesia Doni Indrawan mengatakan sikap tersebut ditempuh berdasarkan hasil evaluasi yang menunjukkan WKP Ciremai tidak memungkinkan bagi Chevron melanjutkan pengembangan.

"Chevron tidak akan melanjutkan pengelolaan WKP ini dan mengembalikannya kepada Pemerintah Indonesia, sehingga membuat pemerintah dapat mempertimbangkan melakukan tender ulang," jelas Doni di Jakarta, sebagaimana dikutip dari inilah.com (28/01/2015). (Budi R Minulyo)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login