IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » DEN Sarankan Agar Pemerintah Bangun Cadangan Penyangga BBM

DEN Sarankan Agar Pemerintah Bangun Cadangan Penyangga BBM

Written By Indopetro portal on Wednesday, 14 January 2015 | 21:06

indoPetroNews.com - Dewan Energi Nasional (DEN) merekomendasikan kepada pemerintah agar negara dapat membangun cadangan penyangga Bahan Bakar Minyak (BBM). Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan turunnya harga minyak mentah dunia.

Anggota DEN, dari bidang teknologi, Andang Bachtiar mengkhawatirkan cadangan energi di Indonesia. Untuk itu momentum penurunan minyak dunia ini harus dimanfaatkan oleh pemerintah. Selama ini subsidi BBM juga menjadi persoalan bagi para pemangku kepentingan. Untuk itu ia juga menyarankan agar subsidi tersebut alokasinya dapat diperuntukkan kepada sektor Energi Baru Terbarukan.

"Penurunan harga minyak mentah dunia sudah terjadi selama enam minggu, sehingga jika pemerintah tidak cepat dalam mengambil momentum ini, maka kita tidak akan memiliki cadangan yang cukup dalam beberapa tahun kedepan," ujar Andang, di kantor DEN Jakarta, Rabu (14/1).

Menurutnya dengan harga minyak USD 40, saat ini, harusnya pemerintah bergerak dengan cepat. Andang juga memperkirakan fase terjadinya penurunan harga tersebut kemungkinan bisa dari 8 bulan hingga 2 tahun ke depan.

"Apa yang bisa kita lakukan, apa kita mau diam saja. Kita harus melakukan sesuatu. Arab Saudi saja bisa, bahkan bisa tahan sampai USD 30, bahkan USD 25," tandasnya.

Dalam pemenuhan energi pada pemerintah harusnya mempunyai 3 cadangan, yaitu cadangan operasional, cadangan penyangga, dan cadangan strategis. "Hari ini kita hanya memiliki cadangan operasional, dan cadangan-cadangan lainnya kita tidak punya. Bahkan untuk cadangan penyangga kita belum menemukan regulasinya," kata Andang.

Untuk itu DEN memberikan usulan untuk segera membentuk serta membangun cadangan energi penyangga. Pasalnya ini dapat bermanfaat untuk puluhan tahun ke depan. (Epan Hasyim)



Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login