IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » DPR Pertanyakan Porsi Pemda dalam Mengelola Mahakam

DPR Pertanyakan Porsi Pemda dalam Mengelola Mahakam

Written By Indopetro portal on Thursday, 22 January 2015 | 15:59

indoPetroNews.com - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar, Satya W Yudha mengatakan bahwa pemerintah harus berpikir ulang mengenai konsep pemberian porsi Pemda dalam pengelolaan sejumlah blok migas seperti Blok Mahakam.

Menurutnya, Blok Mahakam akan habis masa kontraknya pada akhir tahun 2017 mendatang, dan saat ini masih dikelola oleh Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation. Namun, hingga kini belum ada keputusan siapa yang harus mengelola selanjutnya.

“Artinya begini, untuk standar minimumnya Pertamina harus mayoritas dan operator. Konsep pengikutsertaan Total batas kisaran porsi berapa persen dan Pemda juga berapa persen, ini harus jelas pemerintah yang mengatur,” tuturnya di Jakarta, Kamis (22/1).

Hak partisipasi atau pemberian saham kepada pemerintah daerah (Pemda), akan memunculkan opsi ada permainan yang dilakukan Pemda dengan kembali melibatkan swasta. Swasta bisa saja dari dalam dan luar negeri. Sementara, Perusda dan BUMN sifatnya adalah milik negara.

“Artinya begini, Keterwakilan perusahaan nasional ada di situ, kalau misalnya BUMN sudah kuasai itu, apakah pemda harus dilibatkan?,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya akan  menggandeng Total E&P Indonesie dalam pengelolaan Blok Mahakam. Sementara, Pemerintah Daerah juga menginginkan hak partisipan mengelola Blok Mahakam hingga 10 persen. (Epan Hasyim).
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login