IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Gejolak Harga Minyak Pasca Meningalnya Raja Saudi

Gejolak Harga Minyak Pasca Meningalnya Raja Saudi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 27 January 2015 | 11:25



indoPetronews.com. Pasca meninggalnya Raja Abdullah dari Arab Saudi pada Jumat (23/1/2015) pagi, menambah ketidakpastian di pasar minyak dunia. Pada hari itu harga minyak mentah dunia langsung naik. Minyak Brent naik ke USD 49,80/ barel setelah pembukaan sebelum akhirnya surut ke USD 49,30/ barel, naik 78 sen. Minyak WTI sempat melonjak ke USD 47,76 /barel sebelum akhirnya surut ke USD 47 /barel.

"Lonjakan kecil harga minyak ini tidak dapat dimengerti. Namun, dalam pandangan kami ini adalah peluang jual. Mestinya akan ada aksi jual secepatnya dan ini tidak akan berlangsung lama," kata Mark Keenan dari Bank Societe Generale.

Pengganti Raja Abdullah yakni saudara laki-lakinya, Salman diperkirakan mempertahankan kebijakan tersebut. Dalam pidato pertamanya sebagai raja, Salman berjanji untuk mempertahankan pendekatan yang sama terhadap pengekspor minyak dunia dan menyerukan persatuan antara negara-negara Arab.

Sebagai produsen utama di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Arab Saudi telah menjadi penggerak kekuatan di belakang penolakan kartel untuk memangkas produksinya. Raja Abdullah dianggap arsitek dari strategi saat ini untuk mempertahankan kuota produksi yang tinggi tersebut.
Karena hampir tidak ada perubahan kebijakan yang berarti, pasar kini mengalihkan perhatian kepada sosok menteri perminyakan Arab Saudi Ali Al-Naimi.

"Ali Al-Naimi sudah menjadi menteri perminyakan sejak tahun 1995. Menurut laporan, ia sebenarnya sudah ingin mundur, tetapi Raja Abdullah memintanya untuk bertahan selama dia masih ada. Jadi, pertanyaan sesungguhnya adalah, apakah akan ada menteri perminyakan baru yang akan membawa perubahan pada kebijakan energi Saudi," jelas Tushar Bansal, analis dari FGE. (Budi R Minulyo)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login