IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kadin Paksa Pemerintah Selesaikan Re-negosiasi Kontrak Migas

Kadin Paksa Pemerintah Selesaikan Re-negosiasi Kontrak Migas

Written By Indopetro portal on Friday, 23 January 2015 | 13:17

indoPetroNews.com - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) mengingatkan pemerintah agar mempercepat re-negosiasi kontrak-kontrak pada sektor Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang merugikan negara.

Menurut Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulistio, penjualan gas di Indonesia masih berada pada harga pasaran International. "Kita harus berani bilang ke mereka, kita ini negara miskin masa mau subsidi negara anda yang kaya," tuturnya, dalam konferensi pers di Menara Kadin, Jumat (23/1).

Ia mengatakan bahwa re-negosiasi kontrak itu diperlukan karena hal itu bukan sesuatu yang tabu. Pasalnya negara mitra dagang Indonesia akan mengerti apabila pemerintah melakukan itu atas dasar profit oriented, bukan political oriented, dan semua itu semata-mata demi kepentingan nasional.

Seperti diketahui bersama, bahwa re-negosiasi pernah dilakukan negara Tiongkok terhadap negara Jepang, yang berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi negeri tirai bambu tersebut.

Pemerintahan Joko Widodo saat ini memang mendapatkan struktur ekonomi yang rapuh, sehingga ruang geraknya terbatas. Namun permasalahan ini bisa diatasi dengan koreksi kebijakan pemerintahan lama yang dianggap membiarkan kontrak-konrak gas merugikan kepentingan nasional.

"Kita harus mementingkan dalam negeri, sungguh tidak tepat apabila negara kaya disubsidi negera yang tidak kaya." ujarnya.

Ia menambahkan harusnya pengelolaan sektor gas secara managerial, dapat mencontoh negara tetangga seperti Petronas, perusahaan BUMN milik Malaysia, yang memperoleh keuntungan lebih dari separuh seluruh BUMN yang dimiliki Indonesia. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login