IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri ESDM Bagi-bagi Proyek Kepada PT. Pindad

Menteri ESDM Bagi-bagi Proyek Kepada PT. Pindad

Written By Indopetro portal on Friday, 16 January 2015 | 14:08

indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral kejar proyek pembuatan 2 juta tabung gas elpiji 3 kilogram (kg) tambahan, dan 50 ribu converter kit gas untuk nelayan. PT. Pindad (Persero), pun dipercayai sebagai perusahaan yang mengerjakannya.

"Kami sedang menjajaki kerjasama dan meminta dukungan Pindad untuk melanjutkan program konversi. Nantinya tabung elpiji 3 kg itu akan dibagikan ke sejumlah daerah yang diketahui masih banyak menggunakan minyak tanah seperti Aceh, Sulawesi dan Papua. Selain itu kami juga sedang mempelopori penggunaan converter kit bagi nelayan dalam rangka mengurangi penggunaan solar," tutur Sudirman yang juga mantan Direktur Utama Pindad di Jakarta, Jumat (16/1).

Pemerintah siap mengucurkan dana kepada perusahaan plat merah yang mengurusi persenjataan (alutsista) tersebut sebesar Rp 1,7 triliun dari anggaran Kementerian ESDM dalam APBNP 2015. Rinciannya Rp 800 miliar untuk tabung gas elpiji dan Rp 900 miliar lainnya untuk pengadaan konverter kit.

"Saya yakin dengan adanya kerjasama ini Pindad akan mendapatkan tambahan revenue di luar produk-produk persenjataan. Di samping itu saya juga percaya dengan kemampuan Pindad dalam pengadaan dua item ini karena pernah bekerja disana," papar Sudirman.

Sementara Direktur Utama Pindad Silmy Karim mengklaim perusahaannya memiliki kapasitas untuk membuat 3 juta tabung gas elpiji 3 kg per tahun. Ini dimungkinkan karena selama ini perusahaan pembuat persenjataan itu telah memiliki teknologi yang mumpuni untuk membuat kedua produk tersebut.

"Saat ini komposisi produksi kami 80 persen produk persenjataan untuk mendukung pertahanan nasional sementara 20 persen lainnya untuk produk industri. Jadi hal ini (tabung gas dan konverter kit) bukanlah hal yang baru. Kita sebenarnya sudah bisa juga membuat generator listrik sejak 1980 tapi tidak banyak yang tahu," ujar Silmy. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login