IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri ESDM: Pembangunan Infrastruktur Gas Memperkuat Kemandirian Energi

Menteri ESDM: Pembangunan Infrastruktur Gas Memperkuat Kemandirian Energi

Written By Indopetro portal on Saturday, 31 January 2015 | 09:39

indoPetroNews.com - Menteri ESDM Sudirman Said kepada sejumlah media di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (30/1)  mengatakan, pembangunan infrastruktur gas bumi merupakan salah satu kunci terwujudnya program konversi energi ke gas bumi dan penguatan kemandirian energi di dalam negeri. Melalui pembangunan infrastruktur gas bumi diharapkan sumber energi semakin terdiversifikasi, sehingga masyarakat dan perekonomian Indonesia tidak tergantung pada salah satu sumber energi yaitu bahan bakar minyak (BBM).

Sudirman yang hadir meresmikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Batam menambahkan, "Pemerintah memiliki konsen dan komitmen untuk terus memperkuat kemandirian energi dengan optimalisasi seluruh potensi sumber energi di Indonesia. Gas bumi sebagai salah satu sumber energi terbesar di dalam negeri akan terus didorong pemanfaatannya melalui pembangunan infrastruktur gas bumi seperti yang kini digalakkan oleh PGN," jelasnya.

"Melalui pembangunan infrastruktur tersebut, diharapkan Indonesia tidak lagi tergantung pada produk migas impor yang terbukti sangat membebani anggaran pemerintah," tegas Dia.

Sudirman melanjutkan, dengan total cadangan gas bumi yang masih sangat besar, pembangunan infrastruktur akan menjadi faktor kunci yang memungkinkan sumber energi tersebut dapat dioptimalkan bagi kepentingan rakyat.

"Penurunan harga minyak dunia jangan membuat kita terlena. Justru saat ini kita harus mempercepat pembangunan infrastruktur migas nasional agar sumber energi kita tidak tergantung pada produk impor. Pemerintah akan terus mendorong gas bumi sebagai salah satu energi utama melalui penambahan pasokan, pembangunan infrastruktur dan pembentukan pasarnya di dalam negeri. Kemandirian energi akan menjadi salah satu unsur penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional, dan itu menjadi perhatian ESDM," pungkas Sudirman.

Seperti diketahui sejumlah proyek infrastruktur gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) diresmikan pemerintah di Batam, Kepulauan Riau. Proyek  yang diresmikan meliputi proyek pipa distribusi gas bumi Panaran-Tanjung Uncang Batam, sepanjang 18 km  untuk memenuhi kebutuhan sektor industri, rumah tangga, komersial dan pembangkit listrik. Proyek lainnya adalah jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di wilayah Bogor dan Tangerang. Jargas di Bogor mengalirkan gas bumi untuk 4.320 rumah tangga, sedangkan Jargas Tangerang mengalirkan gas bumi untuk 382 rumah tangga. Ksr






Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login