IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Nabung BBM, Rakyat Mensubsidi Negara

Nabung BBM, Rakyat Mensubsidi Negara

Written By Indopetro portal on Friday, 16 January 2015 | 17:01

indoPetroNews.com - Gonjang-ganjing naik turunnya harga minyak mentah, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, berencana akan terapkan mekanisme menabung.

Untuk itu dirinya menjelaskan jika harga minyak mentah dunia terus-menerus turun, maka dengan menabung akan ditemukan angka laba bersih minyak. Dengan menabung Sudirman menambahkan, keuntungan akan dapat digunakan untuk mempercepat pembangunan rencana strategis.

"Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika harga minyak mentah dunia turun sedalam-dalamnya. Nah, pemerintah sedang memikirkan mekanisme menabung. Toh tidak apa-apa, masyarakat kan sudah terbiasa lah, dengan harga Rp. 6.600. Jadi jika turun terus, uang masyarakat akan ditabung kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan," terang Sudirman, di kantor ESDM, Jumat (16/1).

Sudirman mengatakan diketahui saat ini cadangan strategis kita sangat lemah. Negara hanya dapat menimbun BBM hanya 15 sampai 18 hari ke depan. Untuk itu Sudirman ingin negara dapat menambah cadangan hingga 30 hari kedepan.

Namun demikian pemerintah belum memutuskan batas dari selisih harga jika minyak dunia terus turun. Ia mengatakan pemerintah belum mengatur regulasinya, namun angka Rp. 6.500 baik untuk menjadi patokan.

"Kita berpatokan saja pada harga Rp.6.500. Dan jika harganya harus kurang dari itu, maka sisanya lah yang kita tabung. Dan itu akan kita jelaskan kepada masyarakat secara transparan," ujarnya.

Menurut Sudirman sudah saatnya masyarakat dapat mensubsidi dirinya sendiri, untuk cadangan energi keseluruhan. "Disini pemerintah hanya sebagai penyelenggara, yang penting dari waktu ke waktu harus diketahui oleh masyarakat, berapa sisa tabungannya," tutupnya. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login