IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » OPEC Pertahankan Produksi, Penurunan Harga Minyak Berlanjut

OPEC Pertahankan Produksi, Penurunan Harga Minyak Berlanjut

Written By Indopetro portal on Wednesday, 21 January 2015 | 08:47

Jakarta, indoPetroNews.com. Anjloknya harga minyak dunia sepertinya masih terus berlanjut. Hal ini tidak lepas dari keengganan Negara-negara penghasil (OPEC) untuk menurunkan tingkat produksi mereka. Bahkan menurut Analis dari Nomura Securities, Bob Janjuah, harga minyak dunia bisa turun hingga US$ 30-35 per barel. "Ada pengaruh politik yang kuat di balik fenomena ini," ujar Janjuah kepada CNBC, (19/1/2015).

Menurut Janjuah, negara penghasil minyak seperti Arab Saudi tidak akan mengurangi produksinya untuk menggenjot harga. Bagaimanapun juga, Arab Saudi ingin memancangkan posisinya sebagai penentu harga atau price-setter. Jika Arab Saudi mengurangi produksi, posisinya yang saat ini sangat kuat di kalangan produsen minyak bisa tergeser.

Hal ini juga terlihat pada pertemuan OPEC di Wina, Austria, Kamis, 27 November 2014 lalu. Negara-negara anggota, seperti Venezuela dan Ekuador, meminta pemangkasan produksi agar harga minyak kembali naik. Sebab, jatuhnya harga minyak membuat pendapatan mereka terganggu. Namun kelompok anggota OPEC dari Timur Tengah yang dipimpin Arab Saudi menolak permintaan itu, kecuali jika ada jaminan terhadap harga saham-saham produsen minyak setelah pemangkasan produksi. Kuwait mendukung langkah tersebut melalui argumen: OPEC seharusnya menjaga pangsa pasar agar tidak kehilangan pelanggan

Sebagaimana diketahui, harga minyak turun lebih lanjut di perdagangan Asia menuju posisi terendah enam tahun. Kemarin, patokan AS minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari turun 58 sen menjadi 45,31 dolar AS per barel di perdagangan sore. Sementara minyak mentah Brent untuk Februari turun 54 sen menjadi 46,05 dolar AS. (Budi R Minulya)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login