IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Shell Bersedia Bayar Rp. 1,06 T untuk Tumpahan Minyak di Nigeria

Shell Bersedia Bayar Rp. 1,06 T untuk Tumpahan Minyak di Nigeria

Written By Indopetro portal on Wednesday, 21 January 2015 | 14:42

indoPetroNews.com (21/1/2015). Perusahaan minyak Royal Dutch Shell telah setuju membayar lebih dari US$83 juta (sekitar Rp. 1,06 triliun) dalam penyelesaian damai dengan ribuan orang dari masyarakat nelayan di Nigeria Selatan atas dua kali tumpahan minyak (terjadi tahun 2008 dan 2009).

Shell sepakat Rabu (7/1) untuk membayar kira-kira $3.200 untuk masing-masing dari lebih 15 ribu orang serta $30 juta lagi untuk komunitas Bodo di daerah delta yang kaya minyak.

Penyesaian damai itu adalah untuk apa yang disebut perusahaan sebagai tumpahan minyak yang sangat disesalkan di daerah itu pada 2008. Shell mengatakan pihaknya juga berjanji sepenuhnya untuk melakukan operasi pembersihan.

Rencananya dana sebesar US$30 juta (Rp380 miliar) akan disalurkan kepada komunitas tersebut guna menangani dampak tumpahan minyak pada 2008 dan 2009. Dua insiden penumpahan itu dilaporkan telah mempengaruhi ribuan hektare hutan mangrove di bagian selatan Nigeria.

“Sejak awal, kami telah menerima tanggung jawab dari dua tumpahan minyak di Bodo yang sangat disayangkan,” kata Mutiu Sunmonu, direktur pelaksana SPDC, perusahaan yang berada di bawah naungan Royal Dutch Shell.

Perusahaan tersebut mengatakan upaya ganti rugi sejatinya telah diprakarsai sejak beberapa waktu lalu. Namun, usaha itu terhambat oleh perpecahan di dalam komunitas Bodo.

Meski demikian, perusahaan tersebut berkeras bahwa dampak polusi lingkungan yang melebar di wilayah itu disebabkan pencurian minyak dan bisnis pemurnian minyak yang illegal.

Dua insiden tumpahan minyak berasal dari pipa yang sama pada jaringan Trans Niger yang dioperasikan Shell. Pipa itu mengalirkan 18.000 barel minyak per hari dari ladang ke terminal ekspor di bagian pesisir. (Budi R Minulyo)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login