IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Diminta Jadi BUMN Khusus

SKK Migas Diminta Jadi BUMN Khusus

Written By Indopetro portal on Thursday, 22 January 2015 | 16:33

indoPetroNews.com - Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmadja menegaskan bahwa revisi UU Migas yang akan diajukan kepada DPR RI nanti memasukkan klausul tentang bentuk kelembagaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Menurutnya, pemerintah memiliki empat opsi bentuk kelembagaan SKK Migas, yakni PT Pertamina (Persero) yang berkontrak dengan kontraktor, pemberian langsung blok beresiko rendah ke Pertamina, dimasukkan fungsinya ke Pertamina, dan dijadikan BUMN khusus.

"Saat ini sudah ada empat opsi mengenai perubahan status Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," kata Dirjen Migas, di kantornya Jakarta, Kamis (22/1).

Sebelumnya, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi sudah memberikan sinyal bahwa SKK Migas bisa saja menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Khusus. Dengan salah satu opsi terbaik adalah menjadi BUMN khusus dengan kinerja langsung mengelola kontrak-kontrak dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

“Ada opsi wilayah kerja yang bagus dan mudah. High risk lewat BUMN partner dengan KKKS kan negara enggak boleh kontrak KKKS,” tuturnya beberapa waktu lalu.

BUMN Khusus ini cukup baik dilakukan dan merupakan opsi yang bisa dipertimbangkan, karena jika suatu saat negara di pailitkan, maka BUMN khusus milik SKK Migas akan me-range labanya.

Wiratmadja menjelaskan, tugas dan fungsi BUMN khusus ini termasuk langsung menjual hasil migas, akan dibicarakan lebih lanjut oleh Tim Tata Reformasi Kelola Migas.

"Ke-empat opsi ini akan dimasukkan ke dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Migas yang saat ini masih dalam tahap revisi," tutupnya. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login