IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Sudirman Said : Pembubaran Petral Itu Pilihan Politik

Sudirman Said : Pembubaran Petral Itu Pilihan Politik

Written By Indopetro portal on Tuesday, 27 January 2015 | 11:26

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said memberikan alasan di depan Anggota Komisi VII DPR, kenapa anak perusahaan PT. Pertamina (Persero), yang biasa dikenal dengan Petral (Pertamina Energy Traiding Ltd. tidak jadi dibubarkan.

Sudirman mengatakan, pihaknya membenahi temuan Tim Reformasi Tata Kelola Migas soal adanya Surat Keputusan (SK) Direktur Utama Pertamina soal mekanisme pembelian minyak atau BBM oleh Petral.

“Kenapa Petral nggak dibubarkan? Dan akhirnya Petral diganti baru. Ini pilihan politik. Akhirnya manajemennya ditata. Masalah manajemen adalah masalah mendasar. Baru pekan lalu ada RUPS (rapat umum pemegang saham) Petral, diganti direksinya,” kata Sudirman, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (27/1).

Dalam SK tersebut, lanjut Sudirman, Petral bisa membeli minyak atau BBM melalui NOC (National Oil Company) atau perusahaan minyak milik suatu negara, meski NOC tersebut bukan produsen.

Menurut Sudirman, SK ini membuat celah untuk persembunyian pedagang atau trader minyak. Karena itu, SK tersebut dicabut.

Pemerintah juga mendorong Pertamina untuk membeli minyak dari produsen-produsen alternatif seperti dari Angola. Pembelian ini dilakukan secara langsung tanpa perantara.

“Jadi dorongan bubarkan Petral itu gimickpolitik. Kalau fungsi sayang betul. Itu tinggal didandani saja. Kalau pilihan politik ya dibubarkan, tapi didandani saja. Dalam tim transisi muncul pembuburan Petral. Tapi ada pertimbangan lain, baiknya diluruskan sebagai trading company,” paparnya.

Diketahui, Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi yang dipimpin Faisal Basri merekomendasikan kepada pemerintah untuk tidak membubarkan anak usaha PT Pertamina (Persero), yakni PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral). yang bertugas mengimpor BBM tersebut. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login