IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Untuk 47 Daerah Perbatasan, PLN Butuh Rp.1 Triliun

Untuk 47 Daerah Perbatasan, PLN Butuh Rp.1 Triliun

Written By Indopetro portal on Wednesday, 21 January 2015 | 11:23

indoPetroNews.com - PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN. Persero) menganggarkan Rp.1 triliun untuk melistriki 47 titik daerah perbatasan dan pulau terluar Indonesia. investasi tersebut secara khusus akan dipakai untuk pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) dan pembangunan jaringan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Jarman mengatakan jumlah tersebut merupakan nilai total investasi pembangkit dan pembangunan jaringan di 47 titik. ditanya kenapa PLN lebih memilih PLTD, Jarman mengatakan PLTD merupakan alternatif yang paling cepat.

"Namun nantinya juga akan kita buatkan hibrida dengan pembangkit energi baru terbarukan, yang sesuai dengan daerah itu. Pasalnya ada beberapa yang sudah ada. pastinya tahun ini 47 titik harus sudah menyala." kata Jarman, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (21/1).

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VII, sudah menyatakan dukungan atas program pemerintahan Jokowi, mengaliri listrik pada 47 titik wilayah perbatasan Indonesia. proyek ini ditargetkan akan selesai sebelum hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 2015). "Ini akan menjadi kado pada perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 tahun ini. Karenanya DPR pun tidak akan mempersulit pencairan anggaran bagi proyek tersebut," ujar Ketua Komisi VII DPR-RI, Kardaya Warnika.

Kardaya mengatakan, pemerintah harus mematangkan rencananya, baik dari segi teknis maupun dari sisi pendanaannya. Menurut dia pemerintah tidak perlu menghadap DPR untuk menjalankan rencana tersebut, jika rencana itu sudah menjadi prioritas pada anggaran pendapatan belanja negara (APBN). "Kalau memang belum diajukan atau belum ada, seharusnya diajukan kemudian dianggarkan," ujarnya.

Diketahui, saat ini terdapat 47 titik perbatasan dan pulau terluar yang belum dialiri listrik. Padahal terdapat daerah-daerah lain yang mengalami surplus listrik. (Epan Hasyim Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login