IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Venezuela Lobi Arab Saudi Turunkan Produksi Minyak

Venezuela Lobi Arab Saudi Turunkan Produksi Minyak

Written By Indopetro portal on Wednesday, 21 January 2015 | 14:31

indoPetroNews.com -(21/1/2015). Harga minyak yang merosot pada beberapa waktu terakhir, dirasakan berat dampaknya bagi perekonomian Venezuela yang notabene sebagai salah satu anggota Negara-negara penghasil minyak (OPEC). Hal ini tidak lepas dengan kondisi finansial domestik yang tidak sekuat Negara anggota OPEC lainnya, misalnya Arab Saudi, sehingga jika harga tidak kunjung pulih maka kondisi finansial Negara tersebut akan rentan.

Kondisi ini yang mendorong Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk kunjungan ke sejumlah Negara anggota OPEC pada minggu lalu yakni pertemuan dengan pemimpin tertinggi Iran dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Salman. Turut mendampingi Nicolas Maduro adalah Menteri Urusan Minyak Venezuela Asdrubal Chavez.

Meskipun tidak dijelaskan hasil pertemuan tersebut tetapi sejumlah analis memperkirakan adanya lobi dari Venezuela kepada Arab Saudi untuk bersedia menurunkan tingkat produksi sebagai salah satu langkah untuk memulihkan harga minyak dunia.

Harga minyak dunia anjlok lebih dari 55% sejak bulan Juni lalu menjadi kurang dari 50 dolar per barel, yang membebani negara-negara penghasil minyak seperti Venezuela dan Iran. Arab Saudi memiliki cadangan keuangan yang kuat untuk mengimbangi anjloknya harga minyak tersebut, tetapi Venezuela yang kekurangan anggaran menjadi sangat rentan.

Beberapa analis memperkirakan harga minyak harus berada di kisaran 110 dolar per barel supaya Venezuela bisa memenuhi kewajiban-kewajiban keuangannya.

Sebagaimana diketahui Arab Saudi , sebagai penghasil minyak terbesar yang tergabung pada OPEC telah menolak memangkas produksi meski Venezuela dan beberapa negara lain bersedia melakukannya. Menteri Urusan Minyak Arab Saudi Ali Naimi menilai pembatasan produksi tidak akan menimbulkan dampak pada harga minyak dunia, justru mengikis pasar saham negara tersebut. (Budi R Minulyo)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login