IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » 35 Giga Bukan Target, Tapi Keharusan

35 Giga Bukan Target, Tapi Keharusan

Written By Indopetro portal on Thursday, 12 February 2015 | 19:42

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), Sudirman Said mengatakan, kebutuhan listrik 35.000 MW itu bukan merupakan target tapi keharusan.  Bukan juga pilihan tapi sesuatu yang harus dikerjakan. Karena itu, keterlambatan program percepatan pertumbuhan listrik harus diidentifikasi agar dapat segera dicari pemecahannya.

Sudirman menambahkan, “pembangunan tenaga listrik seperti yang ditargetkan pemerintah sebesar 35.000 MW merupakan kebutuhan sesuai target pertumbuan ekonomi yang mendekati  angka 6 persen per tahun. Teorinya adalah, untuk memenuhi target tersebut maka dibutuhkan pertumbuhan tenaga listrik sebesar 1,5 persen di atasnya atau sekitar 7,5-8 persen pertahun,” kata Dia , seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM, Kamis (12/2).

Beberapa penyebab keterlambatan penyediaan pasokan listrik dijelaskan Menteri antara lain,  lantaran pengadaan tanah yang terlambat karena masalah-masalah sosial, perijinan,  kontrak penyelesaian IPP, kemampuan kontraktor, kemampuan developer, bonafiditas dari developer dan urusan-urusan hukum.

“Sekarang ini kawan-kawan PLN banyak mengalami kriminalisasi ketika melakukan tindakan-tindakan korporate, nah ini menjadi bagian yang harus juga diselesaikan,” ujar Menteri.

Penyebab lainnya adalah masih adanya ego sektoral antar kementerian atau lembaga. Karena itu, kata Sudirman,Presiden Jokowi di awal sidang kabinet menekankan agar instansi-instansi menghilangkan ego sektoralnya dan implementasi dari itu adalah baru-baru ini diresmikan satu proses perijian baru namanya PTSP (Pusat Perizinan Satu Pintu) di BKPM.

“Saya kira itu akan sangat menolong karena dulu untuk mengurus listrik itu harus keliling ke semua kementerian,sekarang datang ke BKPM petugas kita ada di sana semua dan  yang terkait akan dilayani disitu. Kalau ini bisa kita terjunkan hingga level Provinsi dan Kabupaten saya kira porses perijinan akan menjadi satu yang sangat cepat,” pungkas Menteri.  (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login