IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Bicara Energi Panas Bumi, Semua Orang Melihat Indonesia

Bicara Energi Panas Bumi, Semua Orang Melihat Indonesia

Written By Indopetro portal on Tuesday, 24 February 2015 | 19:10

indoPetroNews.com - Porsi energi geotermal pada tahun 2025 harus mencapai 25% dari total Energi Baru Terbarukan (EBT) yang menyokong pembangkit listrik nasional ke depan. Sementara ini batubara masih paling banyak mengambil porsi untuk menyokong pembangkit listrik.

Presiden Direktur Pertamina Geotermal Energy, Roni Gunawan menyebutkan, Indonesia hanya mampu memproduksi 5% atau sekitar 1,4 gigawatt (GW) dari potensi yang ada yaitu sekitar 40%. Potensi yang dimiliki Indonesia lebih besar dari potensi Amerika Serikat (AS), namun justru mereka yang nyatanya lebih mampu memanfaatkan energi geotermal dibandingkan Indonesia, yakni memproduksi sebanyak 3.3 GW.

"Yang kita tahu, kalau dunia bicara minyak, maka semua mata tertuju pada Arab. Kita mau kalau dunia bicara energi panas bumi, semua orang melihat Indonesia. Itu yang kita mau," ungkap Roni dalam workshop Pengembangan Energy Geotermal di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (24/2).

Menurut Roni, potensi gunung api di Indonesia harus sangat diberdayakan. Tak hanya mineralnya, tapi juga geotermalnya. "Jangan cuma gempa buminya saja yang kita rasakan dampaknya, tapi harus kita manfaatkan juga kelebihannya," ujar Roni.

Roni menegaskan, Indonesia tidak bisa terus menerus mengandalkan minyak dan gas bumi (migas) sebagai cadangan energi nasional. Padahal jelas-jelas cadangan panas bumi lebih besar daripada cadangan migas nasional yang tidak seberapa, tapi masih saja dijadikan tumpuan.

"Masa kita bertumpu dengan energi yang cadangannya lebih kecil. Sementara 20 tahun lagi migas kita akan habis jika tidak ada penemuan baru," tutur Roni.

Saat ini Pertamina sedang melakukan eksplorasi terus menerus untuk menemukan titik-titik mana saja yang berpotensi memiliki energi panas bumi. Penyebaran titik-titik tersebut membentang dari Sumatera hingga Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi gunung api cukup banyak, meskipun Sumatera dan Jawa menjadi fokus paling besar. (Epan Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login