IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Campur Tangan Pemerintah dalam Penetapan Harga BBM Dipandang Sudah Tepat

Campur Tangan Pemerintah dalam Penetapan Harga BBM Dipandang Sudah Tepat

Written By Indopetro portal on Tuesday, 10 February 2015 | 09:55



indoPetroNews.com - Pemerintah menegaskan bahwa penetapan harga BBM jenis premium dan solar subsidi sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Bahkan, Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan bahwa campur tangan pemerintah dalam kebijakan penentuan harga haruslah menjadi kewenangan yang diutamakan, untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup rakyat banyak.

Plt Dirjen Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, beberapa aturan yang digunakan pemerintah untuk menetapkan harga BBM di antaranya, UU No21 pasal 4 UUD 1945, PP No36 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hilir Migas. Ada juga Perpres No 191 Tahun 2014 tentang penyediaaan BBM eceran. Kemudian, Permen ESDM No 39 tahun 2014 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM yang kemudian diganti dengan Permen ESDM No 04 Tahun 2015.

Selain campur tangan pemerintah dalam penetapan harga BBM, Putusan MK No002/PUU-I/2003 juga menyatakan bahwa harga BBM/migas diserahkan pada mekanisme persaingan usaha yang sehat dan wajar, tidak mengikat. "MK dalam putusannya menyatakan pasal ini tidak mengikat. Penetapan harga diserahkan ke pemerintah," ujar Wiratmadja di Jakarta, Selasa (10/2).

Selain itu, menurut Wiratmadja pemerintah berencana merubah harga BBM subsidi jenis solar. Penurunannya sendiri akan disampaikan pada tanggal 12-13 Februari, dan penerapannya pada 15 Februari. Untuk berapa besaran penurunan harganya, Wiratmadja enggan ungkapkan besarannya.

Sebagaimana diketahui, saat ini harga BBM subsidi jenis minyak tanah senilai Rp2.500 per liter dan solar senilai Rp6.400 per liter. Wiratmadja menjelaskan, dalam penetapan harga, ada beberapa komponen yang dijadikan pertimbangan, seperti harga dasar, harga perolehan, marjin, PPN, PBBKB, subsidi, dan BBN marjin badan usaha. (Epan Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login