IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Dikirim Gas Tangguh, Perta Arun Gas Nyatakan Siap Operasi

Dikirim Gas Tangguh, Perta Arun Gas Nyatakan Siap Operasi

Written By Indopetro portal on Friday, 20 February 2015 | 11:44

indoPetroNews.com - Presiden Direktur PT Perta Arun Gas, Teuku Khaidir selaku operator terminal Gas Arun  kepada sejumlah media di Jakarta, Kamis (19/2),  mengatakan sangat menantikan gas Tangguh.  Pernyataan ini disampaikan sehubungan mulai tibanya  LNG (liquefied natural gas) yang dibeli PLN dari Proyek Gas Tangguh  di Pelabuhan Blang Lancang, Aceh Darussalam,  Kamis (19/2).

Dia menambahkan, apabila gas terkirim, pihaknya siap beroperasi secara penuh dan mulai memasok gas yang dibutuhkan Indonesia. Dia mengatakan, melalui kapasitas Regas Unit terpasang sebesar 405 MMSCFD, diharapkan PLN dapat memanfaatkan gas secara optimal untuk pembangkit listrik dan pengembangan kawasan industri di Sumatera Utara dan Aceh.

Sementara Sofyan Basir, Direktur Utama PLN kepada sejumlah media juga mengungkapkan,“Tambahan porsi gas untuk bahan bakar pembangkit ini akan memperkuat pasokan listrik khususnya ke Sumatera bagian utara. Hal ini secara signifikan juga akan meningkatkan efisiensi PLN mengurangi bbm yang selama ini digunakan untuk mengoperasikan pembangkit di Belawan karena tidak tersedianya gas," katanya.

Semenjak pengiriman kargo perdana di bulan Juli tahun 2009, Tangguh LNG telah memuat lebih dari 500 kargo kepada para konsumennya di Indonesia, Asia dan Amerika. Tangguh LNG senantiasa berfokus pada kegiatan operasi yang aman, handal dan efisien untuk memenuhi komitmennya dan membawa manfaat bagi Indonesia.

Tangguh dioperasikan  BP Berau Ltd sebagai kontraktor SKK Migas. BP memegang 37,16% saham di proyek tersebut. Mitra-mitra kontrak Tangguh lainnya adalah MI Berau B.V. (16,30%), CNOOC Muturi Ltd. (13,90%), Nippon Oil Exploration (Berau), Ltd. (12,23%), KG Berau/KG Wiriagar (10,00%), Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc. (7,35%), dan Talisman Wiriagar Overseas Ltd. (3,06%).

PT Perta Arun Gas (PAG) adalah anak perusahaan PT Pertamina Gas (Pertagas) yang didirikan pada 18 Maret 2013. Proyek utama yang tengah dijalankan adalah revitalisasi kilang LNG Arun menjadi Terminal Penerimaan dan Regasifikasi LNG yang berkapasitas 405 mmscfd di Lhokseumawe, Aceh Darussalam. Gas hasil regasifikasi dari terminal ditujukan untuk memenuhi kebutuhan energi bagi pembangkit listrik (PLN) dan industri di Aceh dan Sumatera Utara. Ksr
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login