IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » ESDM Gunakan 30% BBN Pada 2020

ESDM Gunakan 30% BBN Pada 2020

Written By Indopetro portal on Wednesday, 18 February 2015 | 17:08

indoPetroNews.com - Pemerintah menegaskan komitmen untuk meningkatkan penggunaan Bahan Bakar Nabati (BBN) hingga 20% pada 2016 seperti yang tertuang dalam Permen ESDM No 20 Tahun 2014 dan menjadi 30% pada 2020.

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, saat ini pemerintah tengah fokus meningkatkan pemanfaatan BBN. Ini didasari pada produksi minyak Indonesia sudah tidak dapat lagi mencukupi kebutuhan dalam negeri. Pada 2015, pemerintah menargetkan lifting minyak Indonesia sekitar 825 ribu barel per hari (BPH) sedangkan kebutuhannya diprediksi mencapai 1,6 juta BPH.

“Indonesia akhirnya harus mengimpor untuk memenuhi kebutuhan BBM-nya. Salah satu solusi untuk mengurangi impor minyak adalah dengan memanfaatkan BBN seperti biodiesel sebagai pengganti BBM,” ujar Rida di Jakarta, Rabu (18/2).

Diakuinya, ada banyak tantangan dalam merealisasikan mandatori BBN tersebut. Salah satunya permasalahan harga BBN yang tidak ekonomis bagi produsen, sehingga pemerintah harus meningkatkan subsidi biodiesel menjadi Rp4 ribu per liter dalam APBNP 2015 dari sebelumnya hanya sebesar Rp3 ribu per liter. “Subsidi itu untuk mengatasi dampak penurunan harga minyak internasional yang berimbas pada penurunan daya kompetitif harga biodiesel terhadap solar. Kami juga tengah bekerjasama dengan BPPT, PT Pertamina Persero, Aprobi, Gaikindo, Hino, IKABI dan Hinabi untuk melaksanakan kajian penggunaan biodiesel pada kendaraan bermotor dan alat berat,” ujar Rida. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login