IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Ini Dia Formulasi Hitungan Menteri dalam Penetapan Harga BBM

Ini Dia Formulasi Hitungan Menteri dalam Penetapan Harga BBM

Written By Indopetro portal on Tuesday, 3 February 2015 | 21:21

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan formula rinci penetapan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium kepada DPR Komisi VII dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (3/2).

Sudirman yang juga didampingi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menjelaskan, harga BBM Premium didapatkan dari harga dasar ditambah dengan biaya lainnya.

"Harga dasar (landed price) didapatkan dari harga perolehan ditambah dengan biaya pengadaan. Lalu ditambah biaya lainnya yakni biaya penyimpanan, distribusi, fee margin dan ketemulah komponen pembentuk harga jual," kata Sudirman

Harga jual yang telah ditemukan, lanjut Sudirman kemudian ditambahkan dengan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) 5 persen dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen.

"Ada dua kategori BBM yakni penugasan yang diberi biaya distribusi 2 persen pada Pertamina dan BBM umum yang tidak disubsidi dan ditambah margin untuk badan usaha sebesar 5-10 persen," ujarnya.

Dalam rapat yang sama, Dwi Soetjipto menjelaskan harga dasar BBM Rp5.611/liter, sedangkan biaya kompensasi distribusi dari Sabang sampai Merauke Rp114,78/ liter. "Jadi harga BBM Premium setelah ditambah PPN dan PBBKB 5 persen Rp283,34/liter dan setelah dibulatkan menjadi Rp6.600/liter," kata dia.

Dari harga jual tersebut, Dwi mengatakan Pertamina hanya mendapatkan margin Rp54/liter. "Margin Pertamina Rp54/liter. Sedangkan margin SPBU RP270/liter. Jadi margin kami lebih kecil dari SPBU," cetusnya.

Rapat ini dihadiri pula oleh jajaran direksi Pertamina, Kepala BPH Migas Andi Noorsaman Someng, Dirjen EBTKE Rida Mulyana dan Plt Dirjen Migas. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login