IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Ini Tujuh MRU Natural Gas Yang Diselesaikan Pertamina

Ini Tujuh MRU Natural Gas Yang Diselesaikan Pertamina

Written By Indopetro portal on Wednesday, 11 February 2015 | 11:20

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) telah menuntaskan proses pembangunan tujuh Mobile Refueling Unit pengisian compressed natural gas (CNG) yang merupakan bagian dari penugasan pemerintah untuk pelaksanaan program konversi BBM ke BBG bagi transportasi jalan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan ke-tujuh MRU tersebut adalah kelanjutan dari program yang dibiayai dengan APBN 2014. Pertamina, sebagai BUMN energi nasional, telah ditunjuk oleh pemerintah untuk mengelola dana APBN dan menyediakan infrastruktur BBG CNG, yang terdiri dari SPBG, MRU dan jaringan pipa gas.

"Pendanaan untuk pembangunan ketujuh MRU tersebut sepenuhnya bersumber dari APBN 2014. Sebagai bentuk komitmen kuat untuk percepatan program konversi BBM ke BBG, Pertamina telah sukses menuntaskan proses pembangunan MRU ini dalam jangka waktu yang singkat, kurang dari tiga bulan. Untuk itu, pemerintah telah menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina atas keberhasilannya menuntaskan proyek ini lebih cepat," ucap Ali melalui siaran persnya, Rabu (11/2).

Selanjutnya, MRU tersebut akan dikelola oleh Pertamina melalui PT Pertamina Gas Niaga. MRU selanjutnya akan ditempatkan di tujuh titik lokasi strategis yang terintegrasi dengan jalur-jalur angkutan umum dan tidak terjangkau oleh infrastruktur gas.

“Pertamina telah menempatkan tiga unit MRU di Mother Station Cibubur pada Minggu, (08/02) untuk pengisian CNG sebelum beroperasi melayani kebutuhan masyarakat akan CNG yang dipasarkan dengan merek dagang Pertamina Envogas," kata Ali.

Adapun, masing-masing unit MRU memiliki ukuran 20 ft dengan kapasitas storage sekitar 1800 Lsp. Masing-masing MRU terdiri dari satu unit storage dan satu kompresor untuk pengisian CNG ke kendaraan konsumen.

Pada Selasa malam, Komisi VII DPR dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyepakati anggaran Kementerian ESDM pada RAPBN P 2015 sebesar Rp14,916 triliun. Jumlah tersebut bertambah Rp4,99 triliun dari anggaran pada APBN 2015 yang sebesar Rp10,024 triliun.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan tambahan anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur migas, listrik, dan energi baru dan terbarukan.

Adapun usulan Kementerian ESDM untuk membangun infrastruktur migas sebesar Rp3,419 triliun, infrastruktur kelistrikan sebesar Rp544 miliar, dan infrastruktur EBT sebesar Rp1,036 triliun.

"Kita sedang menyusun blue print untuk membangun infrastruktur migas secepatnya dengan dana yang ada. Ada yang mengatakan membangun infrastrukur adalah kewajiban badan usaha. Ada yang bilang pemerintah juga turun tangan. Memang betul, bukan tugas pemerintah yang membangun sarana komersial, tetapi kita akan mulai dulu, lalu pengelolaannya akan diberikan ke badan usaha," tutur Sudirman.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas IGN Wiratmaja Puja menyatakan pemerintah masih memprioritasikan Pertamina untuk membangun dan mengelola SPBG dari anggaran RKAKL tersebut.

"Harusnya kan 100 persen milik negara. PGN 40 persen milik publik," ucap Wiratmaja.

Dia menargetkan di tahun ini, tiga SPBG akan dibangun dan pada 2017 sudah mulai beroperasi.

Selain itu, pemerintah juga mengusulkan pembagian konverter kit kepada nelayan sebanyak 50 ribu unit. Kapal nelayan yang akan diberikan merupakan kapal nelayan kecil dengan daya mesin sebesar 5 PK dan 7,5 PK.

"Kita berikan paket, mesin, konverter, dan tabung elpiji dua buah untuk nelayan kecil. Itu yang kecil-kecil harganya Rp12,5 juta-Rp14 juta," tukasnya. Kendati total anggran telah disepakati, rinciannya dan program-program ESDM belum seluruhnya disepakati oleh DPR. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login