IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Kasus Inospect Ltd. Diduga Libatkan Mafia Migas Kelas Asia

Kasus Inospect Ltd. Diduga Libatkan Mafia Migas Kelas Asia

Written By Indopetro portal on Thursday, 26 February 2015 | 09:58

indoPetroNews.com - Lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk menyelesaikan kasus Inospect Ltd yang diduga melibatkan sejumlah mafia migas kelas Asia.

Direktur Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahean mengatakan, Inospect Ltd diduga juga telah menyuap sejumlah pejabat tinggi di lingkungan PT Pertamina (Persero) dan para pejabat di Kementerian ESDM. Bahkan, ada indikasi para pelaku masuk dalam kabinet kerja Jokowi-JK.

"Kami berharap kasus ini tidak berhenti sampai di Suroso saja, tapi harus dikembangkan hingga ke Dirut Pertamina, yang saat itu dijabat oleh Arie Soemarno dan Menteri ESDM, Sudirman Said yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Pertamina," katanya, di Jakarta, Kamis (26/2).

Sebelumnya, KPK menahan Suroso yang ditetapkan sebagai tersangka sejak tahun 2011 dan W. Liem ditetapkan sebagai tersangka sejak tahun 2012.

Namun, kasus mafia migas diduga sengaja ditutup-tutupi oleh Komisioner KPK yang lama. Tetapi setelah beralih kepada Taufiqurohman Ruki sebagai Plt. Ketua KPK diharapkan kasus tersebut harus tetap di lanjutkan.

Ferdinand pun meminta kedua orang itu diperiksa oleh KPK, karena diduga memiliki informasi penting saat keduanya masih menjabat di PT Pertamina (Persero). "Berdasarkan pengakuan pejabat Inospect bahwa mereka menyuap beberapa pejabat bukan hanya Suroso. Jadi ini harus dijadikan sebagai pintu masuk pemberantasan secara hukum para pelaku kejahatan migas yang selama ini terbiarkan dan bebas melakukan aksinya tanpa sanksi," ujarnya.

Sebelumnya, KPK pernah memeriksa Ari Soemarno untuk dimintai keterangannya sebagai saksi atas kasus tersebut, namun belakangan Suroso dan W.Liem yang menjadi tersangka.

"Kepada Suroso dan W.Liem supaya membuka kasus ini secara jujur, jangan mau jadi korban sendirian, bongkar semua yang terlibat dalam kasus itu, pokoknya harus jadi kasus sensasional dalam pemberantasan mafia migas," katanya.

Sebelumnya, Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang digadang-gadang membongkar sepak terjang mafia migas di Indonesia, namun dalam laporannya justru tidak menemukan permainan mafia migas.

Ada dugaan bahwa, Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang di komandoi oleh Faisal Basri tidak bisa membongkarnya karena tim tersebut dibentuk oleh Menteri ESDM Sudirman Said. Dan pada saat kasus Inospect Ltd mencuat, Sudirman Said menjabat sebagai Sekretaris PT Pertamina (Persero) bersama Ari Soemarno yang saat itu menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Dan diduga Ari Soemarno terlibat karena menjadi penghubung proyek Innospec.Ltd yang menggunakan produsen zat tambahan bahan bakar TEL dan impor proyek minyak Zatapi.(EHS)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login