IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Mestinya Pertamina dapat Margin dari Solar agar Tidak Rugi

Mestinya Pertamina dapat Margin dari Solar agar Tidak Rugi

Written By Indopetro portal on Thursday, 12 February 2015 | 22:46

indoPetroNews.com - Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) meminta pemerintah memberikan margin usaha kepada PT Pertamina Persero dalam pendistribusian BBM subsidi jenis solar, sehingga BUMN strategis itu tidak terus merugi dalam distribusi solar.

Pengamat kebijakan energi Puskepi, Sofyano Zakaria, mengatakan dalam pendistribusian solar selama ini, Pertamina mengalami kerugian sebesar Rp300 per liter. Kerugian tersebut akibat harga fatty acid methyl ester (FAME) yang jauh di atas solar.

"Pertamina rugi akibat harga FAME jauh di atas solar, Pertamina rugi akibat FAME tidak diganti Pemerintah. Kerugian tersebut diperkirakan berkisar Rp300 per liter," ujar Sofyano di Jakarta, Kamis (12/2).

Rencana pemerintah yang akan menurunkan harga solar per 15 Februari, menurut Sofyan justru akan semakin menambah kerugian Pertamina. Walaupun subsidi BBN sudah ditetapkan, namun anggaran subsidi tersebut belum bisa digunakan saat ini.

Sofyano menambahkan, untuk menyiasati kerugian tersebut, untuk beberapa waktu ke depan, penggunaan FAME terpaksa dihentikan sementara oleh Pertamina, karena pembelian FAME oleh Pertamina belum diganti oleh pemerintah.

Sebelumnya atas desakan DPR pemerintah akan kembali menurunkan harga jual solar, namun Pertamina mengungkapkan keberatan jika harus menurunkan kembali harga solar dari Rp6.400 per liter ke Rp6.200 per liter. Ka
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login