IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pembahasan SKK Migas Menjadi BUMN Khusus Dimulai Maret

Pembahasan SKK Migas Menjadi BUMN Khusus Dimulai Maret

Written By Indopetro portal on Tuesday, 3 February 2015 | 01:08

indoPetroNews.com - Status perubahan, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjadi badan usaha milik negara (BUMN), menunggu revisi Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya W. Yudha mengatakan, pembahasan rencana perubahan status SKK Migas akan dilakukan pada Maret mendatang bersamaan dengan amendemen UU Migas.

Dalam penilaiannya, perubahan menjadi BUMN khusus sebagai wacana yang cukup ideal bagi lembaga yang berwenang mengatur dan mengawasi kegiatan bisnis hulu migas.

“Tidak bisa atas namakan Komisi (VII) tapi rencana ini cukup ideal. Walaupun nantinya harus berdasarkan keputusan beberapa fraksi,” kata Satya, kepada wartawan di Jakarta, Senin (2/2).

Sementara itu ditempat lain, Kepala SKK-Migas, Amien Sunaryadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkaji bentuk badan hukum SKK Migas. Namun, nantinya badan ini akan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan entitas lain seperti Pertamina. Jika menempel dengan lembaga lain, dikhawatirkan malah akan menghambat kinerja lembaga ini.

“Yang jelas arahnya kami menuju ke sana (BUMN khusus), karena kalau digabung dengan Pertamina itu kusut ketemu kusut, bisa makin kusut nantinya,” kata Amin.

Untuk itu, mantan Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini menegaskan bahwa persoalan BUMN Khusus itu harus diformulasikan bersama revisi UU Migas.

Usulan perubahan bentuk badan hukum terhadap lembaga yang melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu migas di Tanah Air tersebut sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 13 November 2012 lalu.

Dalam keputusan Nomor 36/PUU-X/2012, MK memutuskan untuk membubarkan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas). Menurut pandangan MK, pihak yang dapat melaksanakan pengelolaan sumber daya alam migas hanya badan usaha milik negara. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login