IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Beri Jaminan Participating Interest 10 Persen Kelola SDA di Tiap Daerah

Pemerintah Beri Jaminan Participating Interest 10 Persen Kelola SDA di Tiap Daerah

Written By Indopetro portal on Friday, 27 February 2015 | 20:29


indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan jaminan kepada pemda untuk memperoleh participating interest sepuluh persen dalam pengelolaan sumber daya alam di wilayahnya, terutama sektor migas.

Hak pengelolaan tersebut harus dipegang oleh badan usaha milik daerah (BUMD). Nah, agar hak tersebut tidak dipindahtangankan ke pihak swasta, pemerintah pusat akan membuat aturan khusus.

Plt Dirjen Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, saat ini aturan tersebut masih digarap pemerintah. Dan diharapkan dapat selesai secepatnya, agar bisa segera diterapkan, karena ada beberapa blok migas yang habis kontraknya hingga 2019.

"Sedang disusun, diharapkan selesai secepatnya," ujar Wiratmaja, di Jakarta, Jumat (27/2).

Salah satu kontrak migas yang akan habis adalah milik Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation di Blok Mahakam pada 2017. Pasca berakhirnya kontrak tersebut pemerintah pusat akan memberikan jatah sepuluh persen untuk Pemprov Kalimantan Timur, yang harus dikelola oleh BUMD. Dijelaskan, dengan aturan tersebut, maka pengelolaan blok migas yang dimiliki BUMD, benar-benar dikelola, bukan dialihkan ke swasta. Tidak diberikannya ruang swasta untuk mengambil hak participating interest tersebut karena swasta harus melalui lelang jika menginginkannya.Ep
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login