IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pemerintah Tagih Proposal Genting Oil Kasuri

Pemerintah Tagih Proposal Genting Oil Kasuri

Written By Indopetro portal on Tuesday, 10 February 2015 | 21:05

indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meminta Genting Oil Kasuri segera menyerahkan proposal pengembangan atau Plan of Development (PoD) Blok Kasuari, Papua Barat.

Genting Oil sudah mendapatkan cadangan baru di Blok Kasuari. "Mereka sudah melakukan pengeboran 9-10 sumur, dipastikan ada cadangannya, tetapi kita belum mengetahui berapa," ujar Direktur Hulu Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Naryanto Wagimin, di Jakarta, Selasa 10/2.

Tambahan cadangan itu menambah jumlah cadangan gas milik Genting Oil yang sebelumnya pada Februari 2011 sudah menemukan gas sebanyak 2,2 triliun kaki kubik dari sumur Kido. Biaya eksplorasi di sumur ini mencapai US$ 400 juta.

Naryanto meminta Genting Oil untuk menyerahkan proposal pengembangan sumur tersebut pada pertengahan tahun ini. Sebab, sudah ada beberapa industri yang meminta pasokan gas tersebut seperti PT Pupuk Indonesia. "Saya harapkan tahun ini, soalnya ada pabrik Pupuk juga sudah minta gasnya untuk tahun ini," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Humas Satuan Kerja Khusus Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudianto Rimbono mengungkapkan, potensi minyak dan gas di Indonesia bagian Timur masih cukup besar mengingat banyak temuan di wilayah ini.

Ia juga menekankan, dalam hitungan minggu atau bulanaN, Genting Oil sudah harus menyerahkan PoD kepada SKK Migas. Selanjutnya akan diserahkan kepada Kementerian ESDM. "Dalam hitungan minggu, entah minggu depan, yang jelas dalam waktu dekat," tuturnya.

Saat ini pemerintah belum bisa memastikan berapa temuannya di blok tersebut. "Kami tunggu PoD dulu, tetapi Genting Oil juga sedang mengadakan pengeboran baru, jadi temuan cadangan baru kami harapkan bisa ditingkatkan lagi," katanya.

Meskipun demikian, hingga saat ini SKK Migas juga belum bisa memastikan siapa pembeli dari gas milik Genting Oil tersebut. Yang pasti, makin cepat eksploitasi banyak pembeli yang siap menampung. (Epan Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login