IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , , » Perizinan Menjadi Leadingnya BKPM, Bukan Kementerian Lagi

Perizinan Menjadi Leadingnya BKPM, Bukan Kementerian Lagi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 10 February 2015 | 17:01

indoPetroNews.com - Persoalan perizinan terpadu satu pintu, yang menjadi kebijakan pemerintah, akhirnya membuat beberapa pembantu Presiden, mulai menyerahkan proses perizinan investasi, baik di tingkat pusat maupun daerah kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pemerintah menginstruksikan agar semua perizinan investasi yang selama ini ada di Kementerian harus menjadi leadingnya BKPM.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menyerahkan 10 jenis perizinan pembangunan infrastruktur minyak dan gas bumi ke BKPM. Saat ini, Kementerian ESDM baru menyerahkan perizinan di sektor kelistrikan guna memudahkan para investor.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan untuk menyerahkan semua perizinan itu, harus menunggu lampu hijau Menteri ESDM Sudirman Said. Namun, dia memastikan tahun ini perizinan tersebut akan ada di tangan BKPM.

"Di migas kita siapkan. Sudah putuskan di rapat internal. Nanti apa saja yang musti disiapkan izin-izin itu yang kita bisa bawa ke BKPM," ujar dia, di Jakarta, Selasa (10/2).

Dirinya menuturkan, perizinan-perizinan itu terdapat di sektor hulu dan hilir migas. Sehingga, kata dia, investor tidak akan bingung membangun infrastruktur migas seperti depo elpiji dan kilang minyak.

"Jadi arahnya ke sana, bangun depo dan kilang bisa lebih cepat," kata dia.

Lebih lanjut Wiratmaja menyebutkan, ada 200 jenis izin infrastruktur migas. Tapi tidak semua izin itu ada di Kementerian ESDM. Beberapa izin dipegang kementerian lain semisal Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. "Di migas ada sekitar 50-an. Tapi seluruh terkait migas ada 200 izin. Tapi yang jelas itu kita siapkan itu semua. Targetnya, tahun ini lah," ujarnya. (Epan Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login