IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina bakal Jadi "Anak Kandung" di Negeri Sendiri

Pertamina bakal Jadi "Anak Kandung" di Negeri Sendiri

Written By Indopetro portal on Friday, 6 February 2015 | 14:05


indoPetroNews.com - PT. Pertamina Persero bakal mendapat prioritas dalam mengelola blok minyak dan gas bumi, terutama blok yang akan habis masa kontraknya. Bahkan aturan tersebut akan tercantum dalam Peraturan Menteri ESDM yang akan diterbitkan tahun ini.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Mineral dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan pemerintah bakal mengambil alih blok migas yang habis masa kontrak. Selanjutnya, pemerintah bisa memperpanjang atau memberikan hak pengelolaan blok migas tersebut kepada Pertamina.

"Kami harapkan dalam tahun ini bisa ditandatangani pak menteri," tegas dia usai acara Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI), Jakarta, Jumat (6/2).

Jika pemerintah memutuskan memerpanjang kontrak, maka kontraktor migas harus menjadikan Pertamina rekan kerja dengan memberikan saham kepemilikan mayoritas blok migas tersebut kepada Pertamina.

"Karena Pertamina itu BUMN 100 persen milik negara. Jadi itu prioritasnya. Itu sedang kami bahas," ujarnya.

Dalam sepuluh tahun mendatang, dirinya mengungkapkan, ada sebanyak 34 blok migas yang akan habis masa kontraknya. Di antaranya, Blok Mahakam (2017) dan Blok Sanga-Sanga (2018).

Terkait pengelolaan Blok Mahakam selanjutnya, Wiratmaja mengatakan pemerintah bakal mengeluarkan keputusan bulan ini. "Selain itu, yang dekat misalnya Blok Sanga pada 2018 akan berakhir,"pungkas dia. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login