IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Keberatan Solar Kembali Diturunkan

Pertamina Keberatan Solar Kembali Diturunkan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 11 February 2015 | 17:58

indoPetroNews.com - PT Pertamina Persero keberatan menurunkan harga BBM subsidi jenis solar pada 15 Februari nanti. Sebelumnya, karena desakan Komisi VII DPR RI, pemerintah berencana menurunkan kembali harga solar dari Rp6.400 per liter ke Rp6.200 per liter.

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, mengaku jika harga solar diturunkan kembali, maka Pertamina akan mengalami kerugian cukup besar. Pasalnya, dengan harga jual Rp6.400 saat ini Pertamina telah merugi. “Solar di harga sekarang saja masih rugi, bagaimana kalau diturunkan lagi harganya? (kerugian) Bisa dicek ke Kementerian Keuangan,” ujar Bambang di Jakarta, Rabu (11/2).

Bambang menjelaskan, kerugian terjadi karena pembelian stok BBM yang dilakukan Pertamina dua hingga tiga bulan sebelumnya, ketika harga sedang tinggi, sehingga nilai inventory-nya masih tinggi.

Sedangkan untuk penjualan BBM jenis premium, menurut Bambang, tidak ada masalah. Premium dijual Rp6.700 per liter untuk di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) dan Rp6.600 per liter di luar Jamali.

Sebelumnya, Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto, mengakui bahwa menurunkan harga adalah hal yang sulit dilakukan Pertamina, namun Pertamina tetap akan mengikuti kebijakan yang diambil pemerintah terkait harga solar.

“Kita lihat nanti kebijakan pemerintah karena tantangan ke depan kan masih banyak. Harga internasional solar kemarin kita lihat ada rebound ke atas lagi. Nah itu yang nanti akan jadi perhatian barangkali di pemerintah. Tapi apapun keputusan pemerintah Pertamina siap,” ujar Dwi. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login