IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Ogah Libatkan Pemda Kelola Blok Mahakam

Pertamina Ogah Libatkan Pemda Kelola Blok Mahakam

Written By Indopetro portal on Tuesday, 17 February 2015 | 10:22

indoPetroNews.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto sepertinya cukup percaya diri, jika Blok Mahakam di provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), akan diserahkan 100 persen kepada Perusahaan plat merah tersebut. Walaupun sebelumnya, Kementerian ESDM sudah memberikan sinyal akan melibatkan Pertamina mengelola blok migas tersebut.

Dwi menyebutkan, akhir bulan Februari tahun 2015 ini, proposal pengambil-alihan Blok Mahakam diserahkan kepada Kementerian ESDM. Setelah itu, pemerintah akan memutuskan Pertamina yang mengelolanya.

"Saat ini Pertamina masih finalisasi pematangan proposal pengambilalihan Blok Mahakam, kita percepat akhir bulan ini harus selesai," katanya, di Jakarta, Selasa (17/2)

Blok Mahakam akan habis masa kontraknya pada tahun 2017 mendatang, artinya mulai 1 Januari 2018 akan berlaku kontrak baru.

“Kami akan diskusi dengan komisaris. Sehingga akhir bulan ini kita akan sampaikan. Kita percepat jadi akhir Februari,” ujarnya.

Menurutnya, setelah pertamina diberikan kepercayaan mengelola Blok Mahakam, maka pihaknya akan menggandeng mitra strategis yang berpengalaman di blok tersebut, seperti Total dan Inpex Corporation.

“Harapannya Pertamina dipercaya mengelola Mahakam, nanti akan kerja sama dengan pihak yang sesuai kebutuhan pengoperasian," katanya.

Disinggung keikutsertaan participan interest (PI) dari Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kutai Kartanegara. Pertamina sepertinya tetap pada pendiriannya untuk tidak melibatkannya, namun pihaknya masih menunggu keputusan para Komisaris Pertamina.

"Belum kita tunggu pembahasan selanjutnya, soal partisipasi Pemda yah," tegasnya.

Blok Mahakam saat ini masih dikelola oleh Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation di lokasi pertambangan Provinsi Kalimantan Timur, kontrak tersebut akan habis pada tahun 2017 mendatang. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login