IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Temukan Sumur Minyak di Muaro Jambi

Pertamina Temukan Sumur Minyak di Muaro Jambi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 3 February 2015 | 21:12

indoPetroNews.com - Tim S1AP (Sumatra-1 Appraisal Project) Fungsi Eksplorasi mengawali keberhasilan penemuan hidrokarbon di area Jambi (Asset-1). Pada awal tahun 2015 Eksplorasi PT Pertamina EP membuktikan penemuan hidrokarbon di Struktur Puspa Asri melalui Sumur Puspa Asri (PPS-01) yang berada di Kecamatan Kumpeh Ulu Kab. Muaro Jambi. Dalam Uji Kandungan Lapisan (UKL) didapatkan hasil minyak yang dapat diproduksikan mencapai 453 bopd.

VP Eksplorasi Pertamina EP Indra Prasetya mengatakan, Sumur Puspa Asri (PPS-01) merupakan hasil Akusisi 3D Seismik Puspa tahun 2011 dan interpretasinya dilakukan oleh Tim S1AP yang dipimpin oleh Yatty Surtiati sebagai Senior Manager dan Arief Budiman sebagai Sub Surface managernya, sumur itu merupakan sumur twin well dari Sumur Arang-arang Barat (AAB-01) yang di bor tahun 1976.

Sumur AAB-01 menembus Formasi Gumai pada kedalaman 1906 m. Pengeboran PPS-01 menembus formasi Lahat pada kedalaman 3820 mMD. Hasil dari Flow After Flow (FAF) pada UKL di Formasi Air Benakat dengan menggunakan jepitan 28/64” menghasilkan minyak 173 bopd, jepitan 32/64” 325 bopd dan jepitan 36/64” menghasilkan minyak 453 bopd, Water cut 34 %, API diukur di lokasi sebesar 45.3ยบ. Formasi Gumai dan Talangakar juga terbukti menghasilkan hidrokarbon.

Hanya saja saat uji kandungan lapisan pada formasi tersebut, gas yang keluar tidak continue. Dengan adanya penemuan hidrokarbon pada formasi ini memicu untuk melakukan evaluasi lebih intensif dalam mencari potensi dan peluang Eksplorasi di Area Jambi.

“Ini merupakan tantangan bagi exploration untuk mengembangkan new exploration pay di area-area yang sudah matang,” katanya dari press rilis yang diterima di Jakarta, Selasa, (03/02)

Penemuan minyak di level ABF di sumur PPS-01 merupakan play baru di area kompleks Puspa. Sumur Puspa (PPA-01) yang berjarak 12 km dari PPS-01 yang sudah dibor tahun 2009, terbukti menghasilkan gas di Formasi Air Benakat. Selain itu secara petrophysics, pada Formasi Lahat di PPS-01 juga menunjukkan adanya indikasi hidrokarbon yang tidak ditemukan di PPA-01. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login