IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Saat Ini Petral Hanya Sebagai Perusahaan Tender

Saat Ini Petral Hanya Sebagai Perusahaan Tender

Written By Indopetro portal on Thursday, 19 February 2015 | 09:57

indoPetroNews.com - Saat ini peran PT. Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) dialihfungsikan sebagai perusahaan tender. Hal ini dikarenakan proses jual beli minyak telah diambilalih oleh Integrated Supply Chain (ISC), sebuah departemen yang sengaja dibentuk Pertamina untuk melakukan tender pengadaan minyak.

"Jadi setelah ISC ini kita revitalisasi, maka peran Petral itu difungsikan sebagai perusahaan tender. Jadi Petral juga bisa ikut seleksi ISC. Inilah fungsi revitalisasi tadi," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, di Jakarta, Kamis (19/2).

Menurutnya, dengan menetapkan Petral setara dengan perusahaan lainnya, diharapkan Petral dapat tumbuh dan berkembang sebagai perusahaan trader internasional. Ali mengatakan, Petral bisa saja menyuplai negara-negara lain disamping Pertamina.

Efisiensi yang terjadi apabila tidak menggunakan jasa Petral sebagai perusahaan yang memiliki kuasa penuh atas proses trading atau jual beli minyak yakni, Pertamina dapat menghemat fee (biaya) maksimal 10% yang selama ini diberikan kepada Petral.

"Kemudian terkait syarat pembayaran yang sebelumya menggunakan LC (Letter of Credit), tentunya akan ada biayanya apakah itu 2 atau 3 sen. Tapi dengan sistem yang digunakan sekarang Free on Board (FOB), untuk memenuhi volume impor minyak mentah maupun produk yang mencapai 300 juta barel per tahun, ya tentunya ini kan ada efisiensi di dalamnya," kata Ali

Menurut Ali, untuk minyak mentah saja biaya term bisa mencapai USD 100 juta per tahun, sementara dari term pembayaran FoB, potensinya bisa USD 10 juta per tahun. "Ya sekecil apapun penghematan akan sangat berarti, apalagi harga minyak dunia yang sedang turun sekarang ini," ujar Ali. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login