IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » SKK Migas Kehabisan Uang

SKK Migas Kehabisan Uang

Written By Indopetro portal on Wednesday, 18 February 2015 | 16:23


indoPetroNews.com - Lembaga yang mengurusi kegiatan produksi minyak dan gas bumi nasional, yakni Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), saat ini sedang kesulitan anggaran. Mereka tidak bisa menggelar berbagai macam kegiatan karena belum ada biaya.

Sebelumnya, keuangan SKK Migas yang dulunya namanya BP Migas ini berdasarkan retensi dari pendapatan minyak dan gas bumi nasional sebelum masuk ke kas negara yang tercatat sebagai pendapatan negara. Besarannya 0,6% hingga paling banyak 3%.

Namun, mulai tahun ini anggaran SKK Migas wajib masuk di APBN dalam anggaran lain-lain (BA 99). Besarannya yang disetujui untuk tahun ini sebanyak Rp 1,8 triliun lebih.

Namun, SKK Migas kesulitan untuk mencairkan anggarannya. Sekretaris SKK Migas Gde Pradnyana mengatakan, anggaran SKK Migas tidak memiliki mata anggaran sendiri.

"Tidak muncul di situ (APBN), karena kita belum punya mata anggaran sendiri. Jadi masuk ke mata anggaran 99 namanya. Besaran anggarannya Rp 1,8 triliun lebih," kata Pradnyana, di Jakarta, Rabu (18/2).

Pradnyana mengatakan, penganggaran di APBN dengan pencairan anggaran merupakan dua hal yang berbeda. Ia mengakui, anggaran SKK Migas memang sempat mendapat tanda bintang (belum dapat dicairkan). Namun, setelah melakukan pembahasan anggaran dengan Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan dan DPR, seluruh bintang sudah dicabut. "Problem berikutnya, pencairan anggaran harus melalui Ditjen Perbendaharaan. Kami kesulitan mencairkan anggaran, karena bendaharanya harus PNS (Pegawai Negeri Sipil). Masalahnya di SKK Migas tidak ada satu pun yang PNS, jadi anggaran tidak bisa dicairkan," imbuhnya. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login